Mengacu Program Penghematan Anggaran Dari Presiden, Walikota GSVL Minta SKPD Kurangi Kegiatan di Hotel

Walikota  Mamado GS Vicky Lumentut
Walikota Mamado GS Vicky Lumentut

Manado,sulutexpress.com — Langkah bijak yang diambil Walikota Manado, GS Vicky Lumentut (GSVL) yaitu malakukan penghematan anggaran. Hal tersebut tentunya mengacu pada program penghematan anggaran yang dicanangkan Presiden Jokowi.

Akan hal tersebut, Walikota GSVL dengan tegas mengeluarkan edaran larangan keluar daerah atau keluar negeri yang dianggap tidak perlu atau kurang penting bagi para pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) baik Kepala Dinas/Badan, Kabag, Camat dan Lurah.

Namun apabila memang rencana keberangkatan itu teramat penting dan punya nilai positif, maka para pejabat diwajibkan dan harus melapor dulu kepada Walikota GSVL maupun Wakil Walikota Mor Bastian.

Walikota sendiri ketika dimintai tanggapannya mengatakan bahwa surat edaran yang dikeluarkan pihaknya untuk seluruh pejabat SKPD di lingkungan Pemkot Manado terkait batasan adanya perjalanan dinas ke luar daerah atau luar negeri.

“Surat edaran yang dikeluarkan ini, merupakan program pro rakyat yang harus saya dan Pak Mor lakukan di awal kepemimpinan, dan itu termasuk di 100 hari program kerja kami yakni penghematan anggaran,” ujar GSVL yang baru dilantik 9 Mei 2016 lalu.

Dijelaskan Walikota dua periode itu, dirinya dan Mor dalam menjalankan pemerintahan di tahun anggaran 2016 ini akan berhemat, menyesuaiakan dengan anggaran yang ada saat ini.

“Jadi saat ini, tidak ada uang sepersen pun yang keluar percuma tanpa ada kejelasan. Kalau mau berangkat perjalanan dinas keluar daerah, harus melapor dulu guna menyampaikan maksud tujuan dan manfaat dari rencana kegiatan itu. Kalau bisa dipending, kenapa harus memaksakan diri berangkat. Jadi saat inilah, kebiasaan lama itu harus dihilangkan,” tandas GSVL.

Selain itu, Walikota juga meminta agar kepala SKPD yang akan melaksanakan acara sebaiknya dilakukan di ruang Serbaguna, dengan harapan untuk menghemat anggaran. “Saya mengimbau pada ASN jika melaksanakan kegiatan atau acara sebaiknya digelar di ruang serbaguna, jangan dilakukan d hotel, karena hanya membuang biaya. “Dengan melaksanakan di Serba Guna bisa menghemat anggaran,” jelasnya. (ver)

 900 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *