Ribuan Turis Berkunjung di Sulut, Manumpil Harapkan Kesadaran Masyarakat Buang Sampah Pada Tempatnya

By: minanga
Kepala Biro SDA Setdaprov Sulut Dr Fanky Manumpi

Kepala Biro SDA Setdaprov Sulut Dr Fanky Manumpi

Sulut, SulutExpress–Kepala Biro SDA Setdaprov Sulut Dr Franky Manumpil, mengatakan penerbangan antara Tiongkok-Manado saat ini telah menjadi sorotan publik. Pasalnya, banyaknya turis dari Tiongkok yang datang berkunjung ke daerah ini.

Dijelaskan Manumpil, dengan datangnya ribuan turis, masalah sampah harus menjadi prioritas utama karena sangat tidak elok apabila sampah terlihat di mana-mana. Sebab itulah pemerintah sangat mengharapkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya agar tercipta kenyamanan di kota ini sehingga akan menarik wisatawan lebih banyak lagi.

“Kami SDA sudah membahas tentang hal ini dengan Kepala Balai Taman Nasional,”ujar Manumpil saat di konfirmasi sulutexpress.com Kamis (14/7/16).

Selain itu juga Manumpil menambahkan bahwa telah dilakukan upaya kerjasama semaksimal mungkin antara Pemprov dan Pemkot untuk menangani masalah sampah secara fisik.

Terkait Penanganan fisik terhadap sampah seperti apa, Manumpil menekankan bahwa program ini sudah berjalan secara rutin oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi dengan kapal pengangkut sampah serta sarana fisik lain yaitu menggunakan jaring sampah dan juga infrastruktur truk pengangkut sampah.

“Penekanan lain terkait pembersihan sampah adalah program Pemprov yaitu Gerakan Bersih Kuala (GBK). Budaya GBK ini dilakukan dari hulu ke hilir yang artinya dari mainset hingga implemenasinya. Untuk itu, pemerintah kota dan provinsi terus berupaya menyikapi sampah apalagi dengan sungai-sungai besar yang ada di Sulut jelas sungai-sungai tersebut harus bersih dari sampah karena sampah-sampah di laut kebanyakan kiriman dari sungai-sungai kabupaten dan inilah salah satu cara untuk merubah mainset masyarakat di bantaran sungai untuk lebih sadar janganlah membuang sampah sembarangan,” tandasnya. (Onal)

Back to Top