Jamnas Pramuka ke X di Buka Presiden Joko Widodo dan di Hadiri Wagub Steven Kandouw

Wagub Steven Kandouw dan Wakil Ketua Penggerak PKK dr. Kartika Tanos menghadiri Jamnas x 2016 di Cibubur
Wagub Steven Kandouw dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Sulut dr. Kartika Tanos menghadiri pembukaan Jamnas x 2016 di Cibubur (foto Humas)

Sulut, Sulutexpress.com – Dengan di tandai pemukulan Timpani alat musik dari Papua oleh Presiden RI Joko Widodo dan diikuti oleh perkusi di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur, Minggu pagi (14/8), pembukaan Jambore Nasional (Jamnas) X 2016 yang bertemakan “Bangun Karakter Kaum Muda Melalui Kegiatan yang Keren, Gembira, Asyik”,resmi dibuka.

Hadir juga Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw bersama Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Sulut dr. Kartika Tanos yang memberikan pesan kepada seluruh peserta Jamnas utusan Sulut untuk selalu mengikuti kegiatan yang direncanakan, menjaga kesehatan serta tetap menjaga nama baik daerah dan juga sebaiknya membangun hubungan baik antar sesama peserta dari daerah lain.

HUT Pramuka ini dihadiri sebanyak 25 ribu peserta tingkat pengalang seluruh Indonesia, termasuk Pramuka berkebutuhan khusus dari 34 Kwarda seluruh Indonesia dan peserta dari luar negeri terdiri dari Malaysia, India, Timor Leste, Filipina, Nepal, Thailand, Belanda serta KBRI Malaysia dan KBRI Rusia.

Mengawali sambutannya, Presiden mengucapkan selamat Ulang Tahun Pramuka yang ke 55. “Dengan tema kali ini, saya berharap menjadi momentum bagi Gerakan Pramuka untuk kembali menjadi ajang pembelajaran yang asyik dan menyenangkan bagi anak muda, “ucapnya.

Presiden berpesan kepada para peserta. “Ingat Indonesia adalah bangsa besar. bangsa yang memiliki 250 juta penduduk yang majemuk. Dari Sabang sampai Mereuke dan koita memiliki 17 ribu pulau serta 2/3 adalah pulau. Sebagai bangsa yang besar, tantangan yang akan kita hadapi juga besar. Mulai dari kemiskinan, ketimpnagna sosial dan penggangguran. Ke depan seiring dengan kompetisi antar negara maka kita juga di hadapakan dengan tantangan yang memiliki daya saing dan kreativitas yang tinggi, “ujar Presiden.

Karena itulah Presiden ingin agar anak-anak muda untuk mempersiapkan diri agar kelak dapat menjadi generasi muda Indonesia yang kuat dan tangguh, anak muda yang produktif dan penuh optimisme.”Saya mengajak gerakan Pramuka untuk terus mengikuti kemajuan teknologi informasi yang berkembang dengan cepat. Gunakan kemajuan teknologi ini untuk mrnyebarkan pesan-pesan gerakan Pramuka. Gunakan medsos untuk mengajak anak muda bergabung pada Pramuka.

Pada kesempatan yang sama, Presiden memberikan penganugerahan tanda penghargaan tertinggi Gerakan Pramuka berupa Lencana Tunas Kencana kepada Megawati Soekarna Purti. Penghargaan lain juga diberikan kepada 37 orang penerima berupa Lencana Mabida Peduli kepada 3 orang, Lencana Melati 15 orang, Lencana Darma Bakti kepada 5 orang, Lencana Satyawira Mady kepada 8 orang, Lencana Karya Bakti kepada 1 orang, Lencana Pancawarsan Utama 1 orang dan Lencana Teladan kepada 4 orang. (onal/tim)

 1,006 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *