Kandouw: Oktober, Sulut Siap Gelar Event BPRB, AMMDM dan ACDM

 

Wagub
Wagub saat gelar rapat untuk event BPRB, AMMDM dan ACDM (foto humas)

Sulut, sulutexpress-Wagub Sulut Drs Steven Kandouw menyatakan kesiapaan Provinsi Sulawesi Utara menggelar event Nasional bertajuk Bulan Pengurangan Resiko Bencana (BPRB) dan Even Regional 4th Asean Ministerial Meeting on Disaster Manajemen (AMMDM) dan 29th Asean Community on Disaster Management (ACDM), yang akan berlangsung dari 11 s/d 13 Oktober 2016 mendatang.

Hal ini disampaikan Wagub saat menggelar rapat bersama Panitia Pusat dan Panitia Daerah di ruang Mapaluse Kantor Gubernur, Kamis (08/09).

Panitia pusat dipimpin langsung Kepala BNPB Willem Rampangiley yang juga ikut dihadiri Deputy Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana dari Kemenko PMK Masmun Yan Magesa SE MBA dan Panitia Daerah dipimpin langsung Wagub Sulut yang juga selaku Ketua Panitia Daerah.

Kandouw menyebutkan Panitia Daerah telah siap menggelar seluruh agenda kegiatan yang sudah dijadwalkan baik yang akan diselenggarakan di hotel Novotel Manado seperti The 29th ACDM, ADDM (Asean Day Disaster Management), pemberian sertifikasi profesi PB, Asean, Asean Disaster Expert Association, Asean DC dan pemberian pengharggaan Tangguh Award 2016.

Pameran penanggulangan bencana, Working Session (WS) 1-3, lomba PRB antar BPBD Provinsi: Pameran, cerdas cermat sekolah aman bencana, paduan suara antar masyarakat dan music kolintang di lapangan Mega Mas Manado, lapangan Koni Sarion Manado dengan agenda kegiatan gelar relawan PB, konferensi nasional PRBBK, dan evakuasi mandiri.

Bersih pantai Malalayang dan Sungai Sario kemudian penanaman mangrove dan penananam terumbuh karang di Taman Nasional Bunaken, serta rally pengurangan resiko bencana mengambil jalur Manado menuju Tondano yang nantinya akan di pasang rambu-rambu peringatan pada wilayah rawan longsor dan banjir pada jalur antara Kota Manado-Danau Tondano dengan menggerakan mobil orange BNPB di daerah.

Rampangiley mengatakan, tahun 2016 ini Provinsi Sulut kembali dipercayakan menjadi tuan rumah baik iven nasional maupun even regional dari kawasan Asean di Manado. Berbagai agenda ini bertujuan untuk memberikan kesadaran pada masyarakat tentang bahaya bencana serta meningkatkan kemampuan pemerintah daerah mengatasi bencana.

Beliau juga menyebutkan, kesuksesan agenda besar di Manado ini perlu mendapat dukungan pemerintah dan masyarakat Sulut karena tujuan dari kegiatan ini sekaligus memberikan hiburan segar bagi masyarakat Bumi Nyiur Melambai. Selain Meeting juga ada pameran dan tambah tuama dari Tondano ini.

 726 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *