Seharian Walikota GSVL Turun Lapangan Bersih-bersih

Sampah di Pasar Karombasan dan Pohon di Jalan Bethesda Turut Dibersihkan

 

bersih7Keluhan masyarakat terkait kesemrautan Pasar Pinasungkulan Karombasan serta keberadaan sejumlah pohon di jalan Bethesda yang dianggap berbahaya menjadi perhatian serius Walikota Manado DR Ir G.S Vicky Lumentut (GSVL) SH MSi DEA, Selasa (11/10/2016) pagi hingga sore tadi.

 

bersih3Bahkan secara mengejutkan orang nomor satu di Kota Manado itu mendatangi pasar tradisional di Kecamatan Wanea tersebut. Sontak saja, melihat banyaknya tumpukan sampah, Walikota GSVL kemudian memerintahkan petugas kebersihan dari Perusahaan Daerah (PD) Pasar Manado serta Dinas Kebersihan dan Pertamanan (Disbertam) Manado untuk segera melakukan pembersihan agar tidak mengganggu arus lalu lintas.

 

Bahkan, Walikota melarang pedagang maupun masyarakat membuang sampah ditempat itu. Karena lokasi itu akan dibuatkan taman. Selain itu, Walikota GSVL memerintahkan agar tempat sampah dibongkar.

 

bersih1“Tidak boleh lagi ada yang membuang sampah disini. Setiap hari sampah harus diangkut jangan dibiarkan menumpuk dan mengganggu arus lalu lintas di pasar,” tegasWalikota, saat melihat tumpukan sampah di jalan masuk pasar Pinasungkulan.

 

Dalam kesempatan itu, Walikota GSVL meminta Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Manado Ferry Keintjem agar secara instensif melakukan pembenahan pasar tradisional agar jadi lebih baik.

 

bersih5“Silahkan ditata pasar tradisional dengan baik, diatur para pedagang agar jangan berjualan menghalangi kendaraan. Jangan ada petugas pasar yang berkompromi dengan pedagang yang berjualan tidak pada tempatnya,” tukas Walikota GSVL.

 

Orang nomor satu di Manado itu, juga melarang adanya kendaraan yang parkir disepanjang jalan masuk pasar Pinasungkulan. Bahkan, sebuah kendaraan dipindahkan paksa karena diparkir ditepi jalan.

 

bersih2Usai meninjau pasar Pinasungkulan, Walikota GSVL memimpin penebangan pohon di jalan Bethesda sekitar patung pahlawan Nasional Sam Ratulangi, Kecamatan Sario.

 

Dibantu petugas dari Disbertam Manado, pohon yang berada di tepi jalan tersebut langsung ditebang dengan menggunakan mesin senso dan parang karena dianggap mengganggu lalu lintas dan rumah sekitar. “Saya minta pohon-pohon yang sudah tua dan membahayakan pengguna jalan agar ditebang saja,” pungkas Walikota GSVL. Aksi turun lapangan yang dilakukan Walikota GSVL mendapat respon positif masyarakat.

 

bersih6“Terima kasih kepada Pak Walikota Vicky Lumentut, karena pohon yang ada didepan rumah ini sangat mengganggu kami dan membuat kami kuatir dan was-was ketika angoin dan hujan,”ujar Grace, diiyakan Hiltje Tatontos, warga jalan Bethesda.

 

Terlihat mendampingi Walikota, Kepala Badan Pwrencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Manado DR Peter KB Assa, Kepala Disbertam Manado Julises Oehlers SH, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Drs V Koagouw, serta dibantu sejumlah polisi lalu lintas. (LIPSUS)

 

 1,103 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *