Sukses Gelar Kejurda Muay Thai Piala Walikota Manado, Pengda Manado Ditantang Gelar Kejuaraan Muay Thai Tingkat Nasional

Walikota Manado DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA memberikan piala pada Pengurus Daerah (Pengda) Muaythai Kota Manado. (foto: Ist)
Walikota Manado  DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA memberikan piala pada Pengda Muaythai Kota Manado. (foto: Ist)

Manado, sulutexpress.com—Setelah sukses menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) seni bela diri Muay Thai memperebutkan Piala Walikota Manado di Atrium Manado Town Square 3, sejak 24-26 November 2016, Walikota Manado DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA, menantang Pengurus Daerah (Pengda) Muay Thai Indonesia Kota Manado untuk melaksanakan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) tahun 2017 mendatang.

Menurut Walikota, tantangan tersebut diberikan kepada Pengda Muay Thai Kota Manado setelah melihat animo masyarakat dan keikut-sertaan atlit-atlit Muaythai Manado yang mulai menggeluti Seni bela diri keras dari Kerajaan Thailand itu.

“Saya melihat animo masyarakat sangat besar terhadap cabang olahraga Muaythai ini. Banyak atlit-atlit muda bermunculan untuk mengharumkan nama Kota Manado dan Sulawesi Utara umumnya di kancah nasional maupun internasional. Oleh karena itu, saya tantang untuk menggelar Kejuaraan Nasional Muaythai tahun 2017. Bagaimana setuju,” tandas Walikota GSVL saat menutup Kejurda Muaythai Kota Manado, seraya mendengar langsung sorak pengurus, atlit dan masyarakat yang kompak menyatakan setuju dengan tantangan tersebut.

Walikota GSVL juga berjanji akan menyediakan fasilitas ring khusus olahraga Muaythai. Sehingga, arena yang digunakan tidak lagi meminjam ring tinju dari Persatuan Tinju Nasional (Pertina) Sulut.

“Saya akan sediakan ring khusus untuk olahraga Muaythai, tidak seperti ini menggunakan ring tinju milik Pertina. Tahun depan saat kejurnas nanti, ring yang digunakan benar-benar ring untuk pertandingan Muaythai,” tukas orang nomor satu di Manado itu.

Lanjut dikatakan Walikota GSVL, dengan adanya pertandingan resmi Muaythai ini, kenakalan-kenakalan remaja seperti perkelahian dan tawuran antar kampung yang kerap terjadi di Manado akan diminimalisir karena akan benar-benar tersalur hobi dan uji nyalinya.

“Silahkan salurkan hobby olahraga ekstrem ‘bakalae’ tersebut, di arena pertandingan seperti Muaythai seperti ini. Saya berharap dengan adanya kegiatan-kegiatan olahraga bela diri ini, kerawanan dan tawuran antar kampung semakin berkurang dan bahkan tidak ada lagi,” kata Walikota GSVL.

Dalam Kejurda Muay Thai tahun 2016 yang diselenggarakan 24-26 November ini, keluar sebagai juara umum tim dari SMA Negeri 9 Manado. Penyerahan piala Walikota dan uang pembinaan dilakukan Walikota GSVL bersama Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE.

Untuk diketahui, Muay Thai adalah olahraga nasional Kerajaan Thai dan turunan dari bela diri kuno Muay Boran. Sekilas Muay Thai dan Kickboxing memiliki teknik pertarungan yang hampir sama.

Dalam kegiatan ini, tampak hadir Wakil Ketua DPRD Sulut Marthen Manopo SH MH, Ketua DPRD Manado Nortje Van Bone, Dandim 1309 Manado Letkol ARM Toar Pioh, Pengurus Pusat Muaythai Indonesia Winarto, Ketua Pengda Muaythai Sulut Reynaldo Heydemans, Ketua KONI Kota Manado Hengky Kawalo, Ketua Pengda Muaythai Kota Manado Arthur Rahasia, Sekretaris Kota Manado Drs H Rum Usulu serta sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajaran Pemerintah Kota Manado. (ver)

 906 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *