C3 Resmi Diluncurkan Pemkot Manado, Terobosan GSVL-Mor Diapresiasi Lembaga Sandi Negara dan Pemprov Sulut

Walikota DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSI DEA dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE bersama Deputi Suharyanto dan Kadis Kominfo Sulut Roy Tumiwa menekan tombol tanda diresmikanya C3

Manado, sulutexpress.com—PUSAT komando terintegrasi Cerdas Command Center (C3) dalam rangka pengawasan dan pemantauan seluruh wilayah di Kota Manado mulai diluncurkan Senin (26/02/2017) pagi tadi diruang Serbaguna Kantor Walikota Manado.

Kehadiran C3 tersebut, merupakan terobosan Cerdas yang dilakukan Walikota DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSI DEA dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE sejak dipercayakan masyarakat memmpin Kota Manado.

 

foto bersama Walikota DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSI DEA dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE bersama Deputi Suharyanto dan Kadis Kominfo Sulut Roy Tumiwa

Cerdas Command Center yang mengadopsi sistem serupa di empat kota yakni DKI Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya itu, mendapat respon positif baik dari Lembaga Sandi Negara Republik Indonesia dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut).

 

Deputi II bidang Keamanan dan Persandian Lembaga Sandi Negara RI Brigjen TNI (Marinir) Suharyanto SE MM, menjelaskan kinerja C3

Deputi II bidang Keamanan dan Persandian Lembaga Sandi Negara RI Brigjen TNI (Marinir) Suharyanto SE MM, mengatakan C3 di Manado adalah yang paling lengkap di Indonesia. Sehingga, membuka kesempatan daerah lainnya melakukan study banding di Manado.

 

“Saya melihat Cerdas Command Center Manado ini merupakan yang paling lengkap di Indonesia dan terbaik. Tentunya, pasti ada daerah-daerah lainnya di Indonesia yang akan datang belajar di Manado,” tukas Suhartono. Menurutnya, sistem yang ada di C3 Manado ini tidak menutup kemungkinan akan mengalami gangguan dan hambatan karena permainan hecker.

 

Walikota DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSI DEA dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE beserta jajaran memantau kinerja C3

Olehnya, pihak Lembaga Sandi Negara RI akan ikut membantu dengan melakukan proteksi. “Kami siap melakukan pengamanan dengan memproteksi Cerdas Command Center Manado dari hecker-hecker ,” ujarnya. Sementara Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE melalui Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistika Sulut Drs Roy Tumiwa MPd mengatakan, Pemprov Sulut memberikan apresiasi atas terobosan yang dilakukan Pemkot Manado dengan menghadirkan C3.

 

“Pak Gubernur sangat mengapresiasi apa yang dilakukan pemerintah Kota Manado. Pemprov Sulut sendiri baru mau mulai Agustus atau September tepat HUT Propinsi, namun Manado sudah lebih dulu,” tandas Tumiwa. Lanjut dikatakan, Pemprov Sulut akan ikut membantu Pemkot Manado dalam penambahan fasilitas pendukung pamantauan CCTV. Dalam kesempatan itu, Walikota GSVL menandaskan pembangunan C3 dimulai bulan November 2016 lalu.

 

Untuk menyempurnakan sistem yang ada, dirinya menugaskan Wawali Mor untuk melakukan study banding di empat kota yang lebih dulu memiliki Command Center, termasuk mendatangi LAPAN. “Saya ingin dimasa pemerintahan kami, ada terobosan berbasis informasi teknologi dengan membuat Cerdas Command Center. Dimana, selain bertujuan untuk meningkatkan kinerja aparat pemerintah juga untuk percepatan pembangunan di Kota Manado,” tandas Walikota GSVL.

 

Ditambahkannya, dalam C3 ada Sembilan aplikasi dengan klasifikasi berbeda yang dapat diakses masyarakat. Kesembilan aplikasi tersebut yakni, Qlue Manado, Si Gita (Sistim Gabungan informasi Perangkat, Si Tasya (Sistem Pemantauan Masyarakat), elektronik Governent Letter (e-Gol), Pantau Harga Pangan (Tau-Pang), Lapor Manado, RICCA (Ramalan Iklim Cuaca Cerdas, kanal resmi Pemkot Manado, dan Radio Komunikasi Gagak.

 

Adapun Launching C3 ditandai dengan penekanan tombol, dan tanda-tangan serta pesan digital oleh Deputi Suharyanto dan Kadis Kominfo Sulut Roy Tumiwa. Tampak hadir dalam Launching tersebut, Wawali Mor Dominus Bastiaan SE, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kota Manado Drs Rum Dj Usulu, Dandim Manado Letkol Arm Toar Pioh, Direksi Bank SulutGo, para Asisten dan kepala Perangkat Daerah di jajaran Pemkot Manado, para camat dan lurah se-Kota Manado.(LIPSUS)

 1,482 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *