Walikota GSVL Presentasikan Model Kerukunan Umat Beragama di Kota Manado

Walikota Manado GSVL dapat undangan khusus untuk mempresentasikan keberhasilan Kota Manado dalam menjaga toleransi antar pemeluk agama

Manado, sulutexpress.com—KERUKUNAN antar umat beragama di Kota Manado terus mendapat perhatian pemerintah pusat, bahkan model kerukunan tersebut menjadi contoh secara Nasional. Hal tersebut terbukti dengan adanya undangan khusus kepada Walikota Manado DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA untuk mempresentasikan keberhasilan Kota Manado dalam menjaga toleransi antar pemeluk agama, dalam acara Kongres Nasional Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan, yang dilaksanakan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas-HAM) Republik Indonesia di Balai Kartini Jakarta, Kamis (16/03/ 2017) siang hingga sore tadi.

 

Dalam Kongres yang mengangkat tema ‘Memperteguh Toleransi dan Komitmen Negara dalam Melindungi Hak atas Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan di Indonesia’ itu, Ketua Komnas-HAM RI DR M Imdadun Rahmat mengatakan tahun 2016 Komnas-HAM banyak menerima laporan pengaduan seputar pembatasan atau pelarangan serta pengrusakan tempat ibadah.

 

Walikota GSVL Presentasikan Model Kerukunan Umat Beragama di Kota Manado

“Hingga saat ini, Komnas HAM menerima laporan seputar pembatasan atau pelarangan dan pengrusakan tempat ibadah menjadi kasus yang paling banyak diadukan pada tahun 2016 yakni 44 pengaduan. Dan 12 pengaduan seputar ancaman atau intimidasi terhadap kelompok keagamaan,” jelas Imdatun.

 

Rohaniawan Berperan Penting Dalam Kerukunan Antar Umat Beragama

Sementara Walikota GSVL, saat diberikan kesempatan mempresentasikan model kerukunan umat beragama di Kota Manado mengatakan, terjaganya toleransi kehidupan beragama di Kota Manado tidak terlepas dari peran tokoh agama dan masyarakat. Apalagi, di Manado telah ada wadah Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

 

Para narasumber dalam Kongres Nasional Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan

“Kerukunan antar umat beragama di Kota Manado bisa dijaga dengan baik tidak hanya peran pemerintah, tetapi juga peran para rohaniawan atau tokoh agama serta wadah kerukunan umat beragama yang ada yakni BKSAUA dan FKUB. Karena dalam berbagai kesempatan saya selalu katakan ada tiga pilar dalam membangun Kota Manado, yaitu pemerintah, rohaniawan dan pers,” ujar Walikota GSVL.

 

Terkait adanya laporan pelarangan pembangunan tempat ibadah di Kelurahan Paniki Bawah yang masuk ke Komnas-HAM, Walikota GSVL menyatakan hal itu telah diselesaikan saat Ketua Komnas HAM datang ke Manado, ternyata hanya terjadi mis-komunikasi saja.  Demikian juga dengan persoalan pembangunan Masjid Al-Khairiyah di lahan eks Kampung Texas. Hingga kini, tidak ada gejolak yang terjadi. Apalagi, pemerintah Pemerintah Kota Manado didukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) telah merencanakan untuk membangun Taman Religi tanpa membongkar masjid yang ada.

 

“Persoalan gesekan antar umat beragama terkait pembangunan tempat ibadah terjadi karena adanya mis-komunikasi, dan lebih mengarah berbau politis karena menjelang Pilkada Kota Manado lalu. Namun, setelah dilakukan dialog dengan BKSAUA dan FKUB, persoalan itu dapat diselesaikan. Karena rasa memiliki sebagai orang Manado sangat besar,” tukas Walikota GSVL, seraya menambahkan pemerintah dan masyarakat Kota Manado sangat terbuka dengan orang yang datang dari luar. Bahkan, mereka tidak lagi disebut warga pendatang tetapi warga Kota Manado.

Walikota GSVL dihadapan para peserta memaparkan kerukunan antar umat beragama di Kota Manado

“Di Manado tidak ada yang namanya orang Jawa, orang Makassar, orang Papua atau orang Batak dan lain sebagainya. Yang ada adalah orang Manado yang berasal dari Jawa atau orang Manado yang berasal dari Makassar, orang Manado berasal dari Papua dan seterusnya,” beber mantan Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) itu disambut aplaus peserta Kongres yang ada. Tampak hadir dalam Kongres tersebut Menteri Agama RI Drs Lukman Hakim Saifuddin, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Drs Tito Karnavian, Walikota Bandung Ridwan Kamil, Walikota Bogor Bima Arya, serta undangan lainnya. Diakhir acara, Komnas HAM- RI menyerahkan apresiasi berupa penghargaan kepada tiga kepala daerah masing-masing Walikota Manado G.S Vicky Lumentut, Walikota Bandung Ridwal Kamil dan Walikota Bekasi Rahmad Effendi atas kerukunan antar umat beragama yang patut di contohi di seluruh Indonesia.

 

Manado Terima Penghargaan Komnas HAM-RI, Walikota GSVL : Warga Bisa Hidup Rukun dan Damai, Itu Yang Terpenting

Ketua Komnas-HAM RI DR M Imdadun Rahmat menyerahkan piagam kepada Walikota Manado DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA usai mempresentasikan keberhasilan Kota Manado dalam menjaga toleransi antar pemeluk agama

WALIKOTA Manado DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA mengatakan kehidupan yang aman dan damai dengan terjaganya keharmonisan dan kerukunan antar umat beragama di Kota Manado, itu merupakan hal yang terpenting dan bukan sekedar untuk mencari penghargaan atau lain sebagainya. Hal itu dikatakan Walikota GSVL saat menerima penghargaan dalam acara Kongres Nasional Hak atas Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan yang dilaksanakan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas-HAM) Republik Indonesia di Balai Kartini Jakarta.

 

Menurut orang nomor satu di Manado itu, penghargaan atas peran dan komitmen yang tinggi dalam melindungi dan menjamin Hak atas Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan yang diberikan Komnas-HAM akan menjadi pemicu semangat untuk menjadikan Manado lebih baik lagi kedepan. Namun, yang utama adalah komitmen pemerintah dan masyarakat dalam meningkatkan toleransi umat beragama yang telah berjalan dengan baik selama ini.

Piagam penghargaan yang diterima kepada Walikota Manado DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA

“Kita bukan hanya ingin mencari penghargaan, tapi puji syukur bisa diberi kepercayaan dan apresiasi dari Komnas HAM-RI. Tapi yang utama adalah tetap terjaganya situasi aman dan damai di Kota Manado terutama untuk kerukunan antar umat beragama. Karena aman itu mahal, dan damai itu indah, ” ujar Walikota GSVL dengan senyum khasnya.Dirinya juga berterima kasih atas peran rohaniawan yang tergabung dalam wadah Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Manado. Disamping partisipasi masyarakat yang ikut membangun kebersamaan di Kota Manado.

 

“Terima kasih saya kepada seluruh masyarakat Kota Manado serta para rohaniawan yang tergabung dalam wadah BKSAUA dan FKUB yang telah turut membantu pemerintah. Penghargaan dari Komnas-HAM ini akan menjadi motivasi dan semangat bagi kita untuk hidup rukun dan damai di Kota Manado,” tandas Walikota GSVL.Sementara Ketua Komnas-HAM RI DR M Imdadun Rahmat menegaskan, ada lima aspek penilaian sebuah daerah mendapatkan penghargaan. Kelima aspek tersebut yakni aspek pandangan individu perlindungan beragama kepada publik, aspek kepemimpinan yang menggerakkan anak buahnya untuk tidak diskriminatif, aspek Kebijakan yang menghormati kerukunan dan konsistensi, aspek pendorongan hukum untuk mendorong ke ranah hukum jika ada yang bermasalah, dan aspek pemulihan hak korban yang tertimpa masalah.

 

Untuk diketahui, selain Kota Manado dua daerah lainnya yaitu Kota Bandung dan Kota Bekasi juga mendapat penghargaan serupa dari Komnas-HAM RI tahun 2017 ini. (LIPSUS)

 1,327 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *