Olly: Perlindungan Terhadap Anak Perlu Ditingkatkan

foto humas

Manado, sulutexpress.com – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE menghadiri Kongres Nasional VII Perhimpunan Gastrohepatologi dan Nutrisi Anak Indonesia yang diadakan di Hotel Sintesa Peninsula, Jumat (17/3/2017).

Olly mengatakan bahwa setiap anak perlu mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, baik fisik, mental maupun sosial

“Anak adalah bagian yang tidak terpisahkan dari keberlangsungan hidup manusia dan keberlangsungan sebuah bangsa dan negara,” kata Olly.

Karena itu hal ini menurut oleh menjadi kewajiban bagi pemerintah daerah untuk memberikan perlindungan dan menjamin terpenuhinya hak asasi anak sesuai tugas dan tanggungjawabnya.

“Perlindungan terhadap anak yang dilakukan selama ini masih perlu ditingkatkan untuk memberikan jaminan kepada anak supaya mendapatkan perlakuan dan kesempatan yang sesuai dengan kebutuhannya,” paparnya di hadapan ratusan dokter anak yang memenuhi ruangan pertemuan.

Ditilik dari Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Anak (AKA) di Sulut pada tahun 2016 berada di bawah angka nasional dengan jumlah kematian anak 250 anak dan angka kematian bayi 266 bayi.

Meskipun demikian hal tersebut harus segera ditangani.

“Kita harus mampu melakukan penanganan sedini mungkin untuk menekan kematian ibu dan anak agar terhindar dari kehilangan generasi penerus bangsa,” bebernya.

TGubernur mengatakan pemerintah daerah telah menyiapkan program dengan anggaran miliaran rupiah untuk mengentaskan masalah itu.

“Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara telah meluncurkan program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK). Pada tahun 2017 ini sudah dialokasikan anggaran Rp. 3,9 miliar,” imbuhnya.

Anggaran tersebut untuk merealisasikan Nota Kesepahaman dengan para bupati dan walikota se Sulut, dimana pemerintah provinsi menanggulangi 20 persen dari angka kasus gizi kurang pada 6600 balita di Sulut.

Kongres itu turut dihadiri Ketua Perhimpunan Gastrohepatologi dan Nutrisi Anak Indonesia I Putu Gede Karyawa, Kepala Dinas Kesehatan dr Debbie Kalalo, Ketua Ikatan Dokter Anak Sulut Dr. dr Rocky Wilar, SPA (k) dan Ketua Ikatan Dokter Indonesia Sulut dr B.J Waleleng, Sp.PD, KGEH. (Onal/tim)

 882 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *