Wapres JK Puji Kerukunan di Manado, Walikota GSVL Bangga Manado Percontohan Kerukunan Antar Umat Beragama

By: Manoppo verdinand

Walikota GSVL saat menjemput kedatangan Wapres JK

Manado, sulutexpress.com—WAKIL Presiden (Wapres) RI H.M Jusuf Kalla sangat memberikan apresiasi yang tinggi atas bentuk kerukunan dan kedamaian warga Bumi Nyiur Melambai Sulawesi Utara (Sulut) khususnya Kota Manado, sehingga tak heran menitipkan pesan kepada Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Walikota Manado DR G.S Vicky Lumentut untuk bisa terus menjaga kerukunan antar umat beragama yang selama ini terjalin dengan mesra di daerah yang terkenal dengan semboyan Torang Samua Ciptaan Tuhan tersebut.

 

Istri terconta Walikota GSVL,, Prof Dr Paula Runtuwene MSi DEA turut menjemput kedatangan Wapres JK

Hal ini diungkapkan Wapres Jusuf Kalla disaat membuka pertemuan akbar Pekan Kerukunan Nasional 2017 di Hotel Sintesa Peninsulla Manado Minggu (23/04/2017) siang tadi. “Saya sangat memberikan penghargaan atas kerukunan yang tercipta di Sulawesi Utara ini khususnya Kota Manado. Dimana, Sulut mampu menjadi daerah yang tidak terpancing dengan konflik meskipun disebelah timur bergejolak (Maluku Utara) dan sebelah selatan (Poso) tetapi di Sulawesi Utara tetap aman dan tentram terjaga kerukunannya,” ujar Wapres.

 

Dengan demikian, ini jadi contoh bagi seluruh daerah atau bangsa Indonesia. Hormati perbedaan dan tidak mencampuri urusan internal masing-masing. Menghargai persamaan dan menghormati perbedaan. Karena itu sangat penting bagi bangsa Indonesia terkait kerukunan. Biarlah negara-negara lain berkonflik, meski ada perbedaan tetapi kita tetap jaga kerukunan diantara kita.

 

Wapres Jusuf Kalla disaat membuka pertemuan akbar Pekan Kerukunan Nasional 2017 di Hotel Sintesa Peninsulla Manado

“Kita tidak ingin mundur 50 tahun kebelakang jika terjadi konflik, seperti yang bakal terjadi di Irak, Pakistan, Afganistan dan Siria. Kita harus jalankan kerukunan dengan baik, rukun harus dibarengi dengan kemajuan ekonomi dan pendidikan tentunya. Untuk itu saya menitip pesan dan berharap, Pak Gubernur Sulut dan Walikota Manado bisa terus menjaga kedamaian dan kerukunan warga didaerah yang terkenal luar biasa senyumnya itu,” saran Wapres Kalla disambut aplaus undangan yang ada.

 

Sementara itu, Walikota Manado DR G.S Vicky Lumentut menyatakan bangga dan senang Kota Manado bisa kembali dipercayakan sebagai tuan rumah hajatan nasional seperti Pekan Kerukunan Nasional dalam rangka Paskah Nasional 2017 yang kegiatannya akan bergulir hingga 28 April nanti.

 

Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut bersama istri (paling kiri), Sekretaris Daerah (Sekda) Manado Drs Rum Dj Usulu (tengah) dan Wakil Wali Kota Manado Mor Bastian bersama istri (paling kanan) 

“Ini merupakan bentuk kepercayaan yang besar pemerintah pusat ke Kota Manado, khususnya daerah Nyiur Melambai Sulut. Atas keberhasilan menjadi daerah yang dinilai sebagai percontohan Kerukunan dan Kedamaian di negara ini, semoga dari hajatan nasional ini bisa membawa hikmah bukan hanya kita warga Kota Manado dan Sulut. Tetapi boleh juga untuk daerah lainnya, agar bisa tercipta hidup rukun dan damai karena Torang Samua Ciptaan Tuhan,” ujar Walikota GSVL saat diwawancarai sejumlah wartawan.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Menkumham RI Yasonna H Laoly, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, Wagub Drs Steven Kandouw, Ketua Sinode GMIM Pdt HBW Sumakul MTh, unsur Muspida Propinsi Sulut, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado yang juga Rektor Unima Prof DR Julyeta P.A Runtuwene dan sejumlah Pimpinan FKUB dan BKSAUA se Indonesia.

 

kendaraan yang menampilkan kerukunan antar umat beragama dengan simbolisasi tokoh agama itu, dinaiki Walikota Manado DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA. Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE, Sekretaris Daerah (Sekda) Manado Drs Rum Dj Usulu serta Ketua Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Kota Manado Pdt Roy EG Lengkong STh

Selanjutnya, pembukaan Pekan Kerukunan Nasional tahun 2017 di Sulawesi Utara (Sulut) diwarnai dengan Parade Kerukunan yang dilepas Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE di depan Mantos 3, jalan Piere Tendean Boulevard, Minggu (23/04/2017) malam tadi. Parade yang mengitari jalan boulevard mulai dari depan Mantos 3 hingga Marina Plaza diikuti puluhan kendaraan hias. Menariknya, kendaraan hias Paskah milik Pemerintah Kota (Pemkot) Manado mendapat perhatian Gubernur OD, Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw serta para pejabat yang hadir.

Pasalnya kendaraan yang menampilkan kerukunan antar umat beragama dengan simbolisasi tokoh agama itu, dinaiki Walikota Manado DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA. Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE, Sekretaris Daerah (Sekda) Manado Drs Rum Dj Usulu serta Ketua Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Kota Manado Pdt Roy EG Lengkong STh. “Apa yang ditampilkan Kota Manado dalam Parade Kerukunan sekarang ini, merupakan realita yang terjadi di Kota Manado. Dimana, model kerukunan antar umat beragama ini, telah menjadi contoh di Indonesia,” ujar Walikota GSVL yang turut didampingi istri Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene dan wakil ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado Ny Imelda Bastiaan Markus. (LIPSUS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top