Koordinasi Wagub Kandouw dan PLN Bangun Infastruktur Listrik di Siladen

Koordinasi Wagub Kandouw dan PLN (foto Humas)

Sulut, sulutexpress.com-Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O E Kandouw didampingi Kadis ESDM Ir B A Tinungki MM Menerima PT PLN (Persero) Wilayah Suluttenggo diwakili oleh Deputy Manajer Hukum dan Humas, Jantje Rau untuk melakukan koordinasi pada di Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Jumat (26/5).

Dalam pertemuan tersebut, PLN Suluttenggo menyampaikan kondisi kelistrikan Sulawesi Utara saat ini yang tengah surplus sebesar 50 MW.

Dengan kondisi demikian, maka untuk penyaluran pasokan listrik yang optimal kepada pelanggan di daerah yang menjadi destinasi wisata guna menarik investasi yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan pendapatan daerah, Pemerintah dapat membangun jaringan kabel listrik bawah laut yang menghubungkan Bunaken-Siladen.

Mendengar hal tersebut, Wagub Steven Kandow pun merespon positif karena selama masa pemerintahannya, Beliau memiliki program untuk meningkatkan sektor pariwisata

Selanjutnya, Wagub Kandouw mengatakan akan mempelajari dan berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk PLN untuk dapat mewujudkan pembangunan infratrukur kelistrikan di Siladen mengingat pulau ini telah menjadi salah satu unggulan wisata Sulawesi Utara yang terkenal akan keindahan alam bawah lautnya.

Baca : http://www.sulutexpress.com/2017/05/26/listrik-laut-masuk-pulau-lembeh-bunaken-dan-beberapa-pulau-wisata/

“Ini berkat perjuangan pak Gubernur Olly Dondokambey dalam upaya mensejahterakan masyarakat kedua pulau tersebut dan ini merupakan salah satu program operasi daerah selesaikan kemiskinan (OD-SK). Dengan adanya listrik ini pasti langsung memakas kelebihan muatan pengeluaran pelaku-pelaku pariwisata yang mengandalkan genset,” kata Kandouw.

Adapun Pulau Lembeh, dan Pulau Bunaken dimana ada desa yang dihuni penduduk, akan menjadi perhatian pemerintah selanjutnya.

“Kedua Pulau tersebut menjadi pusat-pusat pertumbuhan pariwisata,” tutupnya.

Seperti diketahui Pulau Siladen, PLN saat ini tengah melakukan proses pembangunan kabel listrik bawah laut 20 kV yang menghubungkan Manado dengan Pulau Bunaken.

Lewat pembangunan ini, nantinya sistem kelistrikan di Bunaken akan interkoneksi dengan sistem kelistrikan Sulut-Go sehingga daya pasok dan penyaluran listrik di sana bisa lebih besar dan dapat memberi dampak pada semakin meningkatnya peluang usaha dan investasi di Bunaken.

Oleh karenanya, infrastruktur yang memadai perlu ada di Siladen agar peningkatan ekonomi dan wisata dapat pula dirasakan oleh masyarakat Siladen. (Onal/tim)

 606 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *