Pertegas Komitmen Melawan Radikalisme, Walikota GSVL Pimpin Apel Deklarasi Solidaritas NKRI di Lapangan Tikala

Apel Kebangsaan yang dipimpin Walikota Manado DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA

Manado, sulutexpress.com—DEKLARASI damai solidaritas menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, bertempat di lapangan Sparta Tikala Manado, Jumat (26/05/2017) kemarin pagi. Penandatanganan Deklarasi Solidaritas NKRI itu dilakukan dalam Apel Kebangsaan yang dipimpin Walikota Manado DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA dan dihadiri Komandan KODIM 1309 Manado Letkol ARM Johanis Toar Pioh, serta presidium Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Manado.

 

Deklarasi Solidaritas NKRI yang dibacakan Ketua BKSAUA Kota Manado Pdt Roy EG Lengkong STh

Dalam sambutannya, Walikota GSVL mengatakan Deklarasi dilaksannakan untuk mempertahankan keutuhan NKRI yang aman dan nyaman serta bebas dari kepentingan perseorangan maupun kelompok. Pasalnya, belakangan ini ada pihak-pihak yang berusaha merusak hubungan kekeluargaan masyarakat Indonesia dengan menciptakan polemik isu politik dari Ormas intoleran, serta memecah persatuan dan kesatuan Bangsa. Selain itu, Apel Deklarasi tersebut merupakan kesempatan yang baik untuk menyegarkan ingatan dan memperkuat komitmen.

 

Walikota GSVL tandatangani deklarasi damai solidaritas menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

“Kita adalah pewaris kesepakatan para pendahulu dan pendiri bangsa ini, yang pada 72 tahun lalu telah merasakan senasib sepenanggungan dengan kemauan untuk merdeka. Dimana, memutuskan untuk menerima keberagaman, mengesampingkan segala perbedaan dan bersatu dalam sebuah bangsa baru, yakni Bangsa Indonesia. Dan hari ini kita berada ditempat ini untuk menegaskan komitmen kebangsaan tersebut,” ujar Walikota GSVL. Lanjutnya, sikap tersebut sangat penting untuk memelihara semangat persatuan, sekaligus semangat keterbukaan bagi keberagaman. Sebagaimana, Indonesia yang didalamnya terdapat beragam etnis, budaya, religi, sebagaimana juga Kota Manado yang mempunyai keberagaman tersebut.

 

DEKLARASI damai solidaritas menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado

“Justru dengan keberagaman inilah yang seharusnya menginspirasi kita untuk saling mengenal, memahami dan menerima, bekerjasama, bekerja keras dan bekerja cerdas mengolah hidup yang lebih baik. Sebab itu, saya mengajak kita sekalian untuk wujudkan solidaritas itu, mulai dari rumah dan keluarga kita. Dengan prinsip, hidup bae-bae, baku baku tulung dengan baku baku bae,” terang Walikota GSVL.

 

Ditegaskan, Kota Manado adalah rumah besar yang didiami seluruh masyarakat dari berbagai suku, agama, serta etnis yang beragam. “Karena Kota ini adalah rumah kita, marilah kita bangun Manado yang aman, bersih dan rukun. Sehingga, dari kota ini kita dapat menjadi teladan hidup bagi segenap anak bangsa di seluruh Indonesia. Tentang bagaimana mengolah kehidupan dalam keberagaman dan kemajuan dalam kerukunan,” tukas Walikota GSVL.

 

Jalan bersama menuju lokasi pembangunan Graha Religi eks Kampung Texas, pusat Kota Manado

Dalam Deklarasi Solidaritas NKRI yang dibacakan Ketua BKSAUA Kota Manado Pdt Roy EG Lengkong STh juga menyatakan dukungan kepada pemerintahan Indonesia dibawah kendali Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, serta Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven O Kandouw. Termasuk mendukung pemerintahan di Kota Manado yang dipimpin Walikota GSVL dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE.

 

Walikota GSVL bersama tokoh agama, membuka selubung gambar Gedung Religi yang akan menjadi simbol kerukunan antar umat beragama di Ibukota Propinsi Sulut

Seperti diketahui, sekarang ini ancaman disintegrasi menjadi polemik dengan munculnya kelompok-kelompok radikal yang ingin mengganti dasar negara Pancasila. Penandatangan Deklarasi dilakukan para tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat diantaranya BKSAU, Forum Pembauran Kebangsaan, Forum Kerukunan Antar Umat Beragama (FKUB), Forum Kewaspadaan Dini Nasional, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) serta Karang Taruna disaksikan Walikota GSVL, Dandim 1309 Manado dan mewakli Kejaksaan Negeri Manado.

 

Acara dilanjutkan dengan jalan bersama menuju lokasi pembangunan Graha Religi eks Kampung Texas, pusat Kota Manado. Dimana Walikota GSVL bersama tokoh agama, membuka selubung gambar Gedung Religi yang akan menjadi simbol kerukunan antar umat beragama di Ibukota Propinsi Sulut bahkan di negara Indonesia. (LIPSUS)

 1,105 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *