Wakili Gubernur, Palandung Hadiri Rapat Pembinaan dan Pengawasan Urusan Pempus

foto humas

Manado, sulutexpress.com-Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs John Palandung M.Si wakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dalam Rapat Pembinaan dan Pengawasan Penyelengaraan Urusan Pemerintahan Pusat di Manado, Selasa (20/06) siang.

Dalam sambutannya beliau mengatakan penyelenggaraan pemerintahan daerah di Sulut saat ini harus semakin efektif dan efisien yang ditandai dengan manajemen pemerintahan daerah yang siap dan mampu untuk memasuki era pemerintahan yang kompetitif dan berdaya saing global.

Peran dan fungsi pemerintah daerah menjadi sangat penting dan sentral untuk mewujudkan dinamisasi dan stabilisasi roda pemerintahan dan pembangunan nasional sehingga harus dikedepankan dan diefektifkan, ujarnya.

Pelaksanaan koordinasi sinkronisasi pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan urusan pemerintahan serta peningkatan kapasitas kerja atau kinerja birokrasi dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat.

Menurut beliau, kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kinerja birokrat Pemprov Sulut. Diantaranya mendukung arah kebijakan pembangunan agenda proritas nawacita, memfasilitasi penyelesaian perselisihan batas daerah secara partisipatif, percepatan pelayanan publik dengan PTSP dan PATEN, pembinaan ketentraman dan ketertiban umum, menjaga sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah, penanganan kawasan khusus perkotaan pertanahan dan batas antara negara serta evaluasi pelayanan publik.

Kegiatan tersebut menjadi wahana dalam mensinergikan langkah dan upaya dalam menggalang persatuan dan kesatuan guna mendorong pembangunan serta meningkatkan kesejehteraan masyarakat secara luas dan menyeluruh, harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Dr Jemmy Kumendong menyatakan dilaksanakannya rapat tersebut untuk memudahkan Kabupaten/Kota termasuk memberikan pemahaman menyangkut peran dan fungsi pemerintah daerah dan pusat, sehingga nantinya semua pihak dapat memahami dengan baik aturan yang ada saat ini dan koordinasi pun dapat berjalan dengan baik.

Adapun kegiatan itu turut dihadiri Direktur Dekonsentrasi Tugas Pembantuan dan Kerjasama Ditjen Bina Adminsitrasi Kewilayahan Kemendagri. (Onal/tim)

 844 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *