Pembentukan Komite Pengelolaan Data Perikanan Sulut, Kadis Ronal Sorongan: Pembentukan Ini Bantu Pemerintah

Manado, sulutexpress.com-“Kegiatan pembentukan ini sangatlah penting dan baik untuk melakukan pengembangan ikan tuna, cakalang dan tongkol di daerah ini dan juga membantu pemerintah melakukan pendataan ikan yg riil di lapangan.”

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas kelautan dan perikanan Provinsi Sulawesi Utara Ronal Sorongan dalam acara pembentukan Komite Pengelola Data Perikanan Tuna, cakalang, dan Tongkol di Provinsi Sulut Bertempat di Hotel Beat wastern Manado, Kamis (22/06).

Pembentukan komite ini juga untuk mendukung RAN-TCT baik tingkat nasional dan daerah serta keterlibatan pemangku kepentingan yang dibutuhkan secara aktif baik masukan maupun saran yg membangun sehingga saran tersebut akan menjadi referensi yang berguna dan bermanfaat untuk bisa meningkatkan pengelolaan, Ujar Sorongan.

Dikesempatan yang sama, Direktorat Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan dan Perikanan Republik Indonesia Sauth Tampubolon mengatakan bahwa data ikan sangat penting, khususnya untuk mengelola perikanan dan juga dalam mengelola sumberdaya kelautan oleh karena itu semua pihak harus mengelola dengan baik.

Menurut Tambulon, Pembentukan komite ini juga sangat baik.

Adapun dari Pemerhati pengelolaan sumber daya laut Kun praseno mengatakan, Indonesia mempunyai sumber daya Ikan Tuna tropikal dan Sulut adalah sumber terbesar di Indonesia.

“Sekarang yang dihadapi adalah persoalan cara pengelolanya dan kalau mengelola tidak tepat maka data akan salah. Sumber perikanan ekonomi penting, negara lain banyak ambil di Indonesia.

Oleh karena itu Kun mengungkapkan untuk mengelola data tersebut maka dibentuklah komite ini dan khususnya Sulut akan merespon hal tersebut dengan berbasis ekosistem dan bagaimana proses ekosistem ikan.

Adapun yang hadir dan ikut mendeklarasikan komite tersebut adalah para Pengusaha, Akademisi, Pelaku, Nelayan. (Onal)

 1,009 total views,  4 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *