Detik-Detik Proklamasi, Walikota GSVL Pimpin Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-72

By: Manoppo verdinand

PERINGATAN Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2017 tingkat Kota Manado berlangsung di lapangan Sparta Tikala Manado, dengan inspektur upacara (Irup) Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, Kamis (17/08/2017) pagi tadi. Upacara yang dimulai pukul 09.40 Wita itu, ditandai dengan bunyi sirene bersahutan dari berbagai penjuru lapangan kebanggaan masyarakat Kota Manado tersebut, pertanda dimulainya detik-detik Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 2017.

Diawali dengan pembacaan Proklamasi yang disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado Nortje Henny Van Bone. Dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih oleh kelompok Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Manado yang terdiri dari pasukan 8, pasukan 17 dan pasukan 45. Dengan langkah tegap, anggota Paskibraka yang terdiri dari siswa-siswi terbaik pada beberapa SMA/SMK di kota ini dan didukung penuh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Komando Distrik Militer (KODIM) 1309 Manado, memasuki lapangan upacara.

Detik-detik menegangkan ketika pembawa baki Margie Gumogar siswi SMK Negeri 1 Manado, mulai menaiki 12 anak tangga di podium utama untuk menerima bendera merah putih yang diserahkan Walikota GSVL. Namun, dengan kepercayaan diri yang tinggi, Margie berhasil membawa bendera merah putih sampai ke tiang bendera. Tugas selanjutnya diserahkan kepada tiga siswa putra yang bertugas menaikan bendera merah putih sampai ke puncak tiang.

Secara keseluruhan tim Paskibraka Manado berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Usai upacara bendera, Walikota GSVL mengatakan momen perayaan HUT ke-72 Proklamasi Kemerdekaan RI merupakan hal wajib untuk dilaksanakan. Pasalnya, dengan perayaan tersebut akan menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa serta kesetiaan kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Momentum perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun 2017 ini sangat penting dan wajib untuk dilaksanakan. Karena, dengan perayaan seperti ini akan menggugah rasa nasionalis kita untuk lebih mencintai dan bangga dengan Negara ini. Kita juga berterima kasih kepada para pahlawan bangsa yang telah berkorban untuk kemerdekaan negeri ini,” tandas Walikota dua periode tersebut.

Disamping itu, tambah Walikota terbaik se-Indonesia, dirinya mengajak kepada seluruh komponen masyarakat di Kota Manado, khususnya generasi muda agar memelihara kemerdekaan yang diberikan Tuhan melalui perjuangan para pahlawan kusuma bangsa. “Untuk perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 ini, selaku Pemerintah Kota Manado mengajak masyarakat maupun jajaran perangkat daerah untuk merdeka. Merdeka dalam memperoleh hak dan menuntaskan kewajiban. Termasuk juga mengembangkan pribadi kita menjadi lebih baik, dengan tidak menyalahi hukum dan berbuat sesuai aturan yang berlaku. Dengan begitu, kita semua akan merdeka, merdeka untuk Indonesia yang lebih baik kedepan,” pungkas Walikota GSVL. Tampak hadir para anggota DPRD Kota Manado, unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Manado yakni Komandan KODIM 1309 Manado Letkol ARM Toar Pioh, Kepala Polresta Manado Kombes Pol Drs Hisar Siallagan SIK, Kepala Kejaksaan Negeri Manado Budi H Panjaitan SH MH, Plt Sekda Kota Manado Drs Rum Dj Usulu, serta para pejabat dilingkup Pemkot Manado, TNI dan Polri.

Ajak Pemerintah dan Masyarakat Hayati Pengorbanan Para Pahlawan

RANGKAIAN perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2017 tingkat Kota Manado, dilanjutkan dengan acara toast kenegaraan yang berlangsung di ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado. Ajakan untuk menghayati arti perjuangan dan pengorbanan para pahlawan bangsa di hari bersejarah dengan melakukan pemasangan lilin berangka 72 serta toast bersama tersebut, dipimpin Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA yang didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Ny Prof DR Julyeta PA Runtuwene bersama Ketua DPRD Nortje Henny Van Bone, Dandim 1309 Letkol ARM Toar Pioh, Kapolresta Manado Kombes Pol Drs Hisar Siallagan SIK, Kepala Kejaksaan Negeri Manado Budi H Panjaitan SH MH dan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Drs Rum Dj Usulu.

Walikota GSVL mengajak kepada pemerintah dan masyarakat di Kota Manado untuk mampu menghargai jasa-jasa pahlawan kemerdekaan yang telah rela mati untuk negeri ini. Sehingga, jangan ada lagi yang memiliki pikiran untuk memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Mari kita satukan gerak langkah kita untuk menghayati nilai-nilai luhur Pancasila, serta pengorbanan pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan Negara ini. Jangan kita sia-siakan perjuangan mereka dengan menciptakan dis-integrasi bangsa yang membawa kehancuran negeri ini. Tetapi mari kita bertekad untuk terus menciptakan suasana yang aman, rukun dan damai di negeri ini khususnya di kota kita, Kota Manado,” tandas Walikota terbaik se-Indonesia itu. Sejumlah pejabat Pemerintah Kota Manado, TNI/Polri, wartawan serta anggota Paskibraka secara bersama melakukan toast gelas kaca berisi minuman berwarna merah dan putih, sambil menyampaikan harapan untuk kejayaan Indonesia, Sulawesi Utara dan Kota Manado.

Acara yang berlangsung sederhana namun penuh makna itu, dibuka dengan doa oleh para tokoh lintas agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dipimpin Pdt Renata Ticonuwu STh

Walikota GSVL Bersama Wawali Mor Tabur Bunga di TMP Kairagi

Sebelumnya, UPACARA Ziarah Nasional dan tabur bunga dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2017, dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi Manado, Rabu (16/08) pagi tadi. Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA bertindak selaku inspektur upacara (irup) dengan peserta upacara terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian RI serta organisasi kemasyarakatan di Kota Manado. Upacara berlangsung khidmat ditandai menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta serta peletakan karangan bunga oleh Walikota GSVL. Dalam kesempatan itu, Walikota GSVL bersama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado Nortje Henny Van Bone, Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE dan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Setda) Drs Rum Dj Usulu, melakukan tabur bunga diatas pusara para pahlawan yang dimakamkan di TMP Kairagi Manado.

Walikota GSVL Serahkan SK Remisi Kepada Napi Rutan Malendeng

MENGAWALI upacara Hari Ulang Tahun ke-72 dan detik’detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2017, pemerintah pusat melalui Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkum HAM) RI, menyerahkan Surat Keputusan pemberian remisi kepada narapidana dan tahanan di seluruh Indonesia. Hal itu juga dilakukan Rumah Tahanan (Rutan) Klas II Malendeng Kota Manado, Kamis (17/08) pagi tadi. Penyerahan remisi tersebut dilaksanakan dalam bentuk upacara bendera yang dipimpin Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA. Upacara berlangsung khidmat diikuti petugas Rutan dan narapidana Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) serta dihadiri unsur kepolisian, kejaksaan dan Badan Narkotika Nasional (BNN). Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Hamonangan Laoly, dalam sambutan yang dibacakan Walikota GSVL mengatakan Remisi bukan anugerah pengurangan hukuman karena belas kasihan negara terhadap terpidana. Tetapi hak yang diberikan berdasarkan persyaratan yang diatur dalam Undang-undang, salah satunya UU Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan. (LIPSUS)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top