Gubernur Olly: Ketersediaan SDA Modal Penting Penggerak Ekonomi Wilayah Perbatasan Sulut

Sulut, sulutexpress.com-Gubernur Olly Dondokambey SE  diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs John Palandung M Si menghadiri Rapat Koordinasi Peningkatan Perekonomian Masyarakat di Kawasan Perbatasan Sulut yang dilaksanakan di Manado, Kamis (26/10/2017) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Olly mengatakan bahwa ketersediaan sumber daya alam baik sumber daya kelautan dan perikanan serta potensi pariwisata bahari yang beragam adalah modal yang sangat penting sebagai upaya menggerakkan roda perekonomian di wilayah perbatasan Sulawesi Utara.

“Kita harus mengakselerasi lebih baik lagi perekonomian di kawasan perbatasan melalui pemanfaatan sumber daya dan keunggulan lokal yang ada sebagai upaya kita untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan, sebagaimana yang menjadi salah satu amanat dalam sembilan agenda prioritas pembangunan bangsa,” katanya.

Lebih jauh, masih dalam sambutan, Gubernur Olly menyinggung pentingnya realisasi penguatan kapasitas kelembagaan pasca PP 18/2016 tentang perangkat daerah dengan meningkatkan kembali status kelembagaan yang khusus mengelola wilayah perbatasan.

“Ini sebagai kepatuhan terhadap amanat undang-undang nomor 43 Tahun 2008 tentang wilayah negara yang mewajibkan provinsi yang berbatasan langsung dengan negara tetangga agar membentuk badan khusus yang mengelola wilayah perbatasan negara,” bebernya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Dr. Jemmy Kumendong, Kepala Bagian Perbatasan Ir. Herman Koessoy, para akademisi dan seluruh peserta dari kabupaten dan kota di Sulut. (RFJS/TIM)

 805 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *