Silangen Buka Rakerda Bencana Terpadu 2018

By: ronald sondakh

Sekda Silangen saat memberikan sambutan dalam acara Rakerda Pengelolaan Bencana Terpadu

Sulut, sulutexpress.com – Sekda Propinsi Sulawesi Utara (SekdaProv) Sulut Edwin Silangen Mewakili Gubernur membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Pengelolaan bencana terpadu Tahun 2018 – 2019 yang di selengarakan di Hotel Grand Luley Manado tepatnya di daerah Tongkaina, Kamis (19/04/18)

Diketahui bahwa Rakerda ini dilaksanakan selama tiga hari dengan stakholder terkait  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Menurut Sekda Silangen, Rakerda ini membahas masalah dan solusi menanggulangan bencana alam kota dan kabupaten Sulut tentang apresiasi edukasi.

“Saya juga mengapresiasi berbagai usaha yang dilakukan ini guna membicarakan program untuk mensinkronisasikan penanggulangan bencana antara Pemprov dan Kabupaten/Kota Sulut.Penghargaan juga saya berikan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang sigap memberikan bantuan dan edukasi khususnya kepada masyarakat Sulut, termasuk upaya dalam menurunkan indeks resiko bencana 30 persen,” kata Silangen.

kiri-kanan: Kepala BPBD Joi E B Oroh, Sekda Silangen, Perwakilan BNPB RI

Harapan Sekda Silangen dengan adanya pelaksanaan Rakerda ini, bisa menurunkan indeks dan resiko bencana alam daerah karna menurutnya, Sulut merupakan salah satu Provinsi yang rawan terkena bencana alam dan non bencana alam.

“Sehingga dapat secepatnya bertindak dan tidak berakibat fatal bagi masyarakat.Untuk itu pelatihan ini harus secara rutin, sehingga sebelum terjadi bencana masyarakat sudah diberitahukan, artinya ada tanda ada awas terhadap masyarakat dan tidak mengakibatkan banyak korban,” tambahnya lagi.

Silangen juga mengatakan dengan adanya pelatihan edukasi serta informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang akurat bisa mengantisipasi resiko  terjadinya bencana alam di titik titik rawan bencana.

Adapun yang hadir pada Rakerda ini adalah Perwakilan BNPB RI, Balai Sungai Wilayah Sulut, Kepala BPBD Kabupaten/Kota se Sulut serta para peserta Rakerda. (RFJS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top