Organisasi Kemasyarakatan Memiliki Peran Strategis Menjaga Keutuhan NKRI; Sulut Pembina Ormas Terbaik Tahun 2018

By: ronald sondakh

Jakarta – Organisasi Kemasyarakatan memiliki peran strategis menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan NKRI karena masuk dalam setiap lini kehidupan bermasyarakat. Karena itu ORMAS perlu diberdayakan untuk ikut menangkal masalah masalah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pemerintah Daerah termasuk didalamnya Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara pun di dorong aktif merangkul ORMAS agar bergerak ke arah yang Produktif.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan tantangan bangsa Indonesia saat ini setidaknya ada empat yakni *RADIKALISME dan TERORISME , NARKOBA, KORUPSI dan KETIMPANGAN SOSIAL*. Menurut Menteri peran ORMAS sangat dibutuhkan untuk ikut mencegah dan menanggulangi Masalah Bangsa kita ini.
” Ini perwujudan kesadaran dan tanggung jawab kolektif setiap warga Negara untuk berpartisipasi dalam pembangunan, menjaga Keutuhan NKRI dan Tetap tegaknya Pancasila demi Kemajemukan bangsa ujar Mendagri Tjahjo Kumolo.

*Forum Koordinasi Nasional Ormas dan Anugerah Ormas Award 2018 di Jakarta, Red Top Hotel 6 November 2018*. Forum Kornas digelar untuk membangun hubunhan antara pemerintah dan ormas yang berkecimpung dalam berbagai bidang di Indonesia. Forum juga membahas Potensi ORMAS yang harus dikelola optimal agar dapat menjadi kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Saat ini ada 395.454 ORMAS dari Tingkat Kota, Kabupaten hingga Provinsi.Kemendagri menganugerahkan penghargaan kepada ORMAS yang berkontribusi dalam pembangunan dan menjaga kedaulatan bangsa di Bidang masing masing.

Pemerintah Pusat dalam hal ini Menteri Dalam Negeri Bapak Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan kepada Pemerintah Daerah yang Berhasil MEMONITOR, MENGANGGARKAN dan MEMBINA ORMAS DI Daerahnya. Untuk *Peraih Penghargaan ORMAS Kategori Pemerintah Daerah Pembina Ormas Terbaik Tahun 2018* Penghargaan diberikan Kepada Provinsi Sulawesi Utara pada Gubernur Sulawesi Utara Bapak Olly Dondokambey, SE dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Bapak Drs Steven O E Kandouw yang diwakili oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sulut Bapak Drs Meiki M Onibala, MS

Penghargaan ini merupakan wujud kerja keras dan sinergitas antara pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Ormas serta masyarakat untuk bahu membahu secara kebersamaan mewujudkan daerah yang Aman, Nyaman dan Dinamis dengan berlandaskan pada Filosofi Pahlawan Nasional SAM RATULANG yg mengatakan Si Tou Timou Tumou Tou yg artinya manusia hidup untuk menghidupi orang lain serta memiliki keyakinan Torang Samua Ciptaan Tuhan untuk menangkal ancaman Radikalisme, Terorisme dan Intoleransi sejak Dini dalam upaya peningkatan pemahaman kualitas mental masyarakat yang baik dan Wawasan Kebangsaan yang kuat sehingga semua elemen bangsa menyuarakan persatuan dan kesatuan bangsa ungkap *KABAN KESBANGPOL SULUT Drs Meiki M Onibala, MS* yg didampingi oleh Kabid Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan Bapak Johnny A A Suak,SE, MSi.

15 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top