Ngantung Optimis Kembalikan Kejayaan Komoditi Export Sulut

MANADO, Sulutexpress.com – Mengusung tema Kerja Bersama, Bersama Kerja, Dinas Perkebunan Kabupaten dan Kota dimotori Dinas Perkebunan Provinsi Sulut bertekat sekaligus berkomitmen untuk mengembalikan kejayaan komoditi andalan perkebunan Sulut.

“Produktivitas komoditi seperti pala yang mampu mengharumkan Sulut, perlu diikuti komoditas unggulan lainnya , sehingga perlu ada peningkatan produk komoditi lainnya yang bisa diekspor. Ini menjadi kerja bersama seluruh elemen sektor perkebunan, baik provinsi maupun kabupaten/kota di Sulut,” kata Sekprov Sulut Edwin Silangen SE MS saat membuka Rapat Kerja (Raker) Dinas Perkebunan Kabupaten/Kota se-Sulut di Sintesa Peninsula hotel Manado, Kamis (31/1/2019).

Bahkan, Sekprov Silangen berharap pada tahun 2019, Sulut bisa mengembalikan kejayaan komoditi unggulan yang bisa diekspor ke luar negeri.

“Hal ini bisa terwujud bilamana antar instansi perkebunan memiliki komitmen bersama untuk mewujudkan harapan itu. Kita sudah bentuk tim koordinasi peningkatan ekspor Sulut. Dan semua intansi teknis terkait, para akademisi, pelaku usaha untuk bisa duduk bersama membahas, sehingga kita berkoordinasi, memonitor apa saja yang menjadi kelemahan kita,” terang Sekprov Sulut.

Dia juga memberi apresiasi terkait kinerja Dinas Perkebunan Sulut yang terus bekerja keras memberi sumbangsih bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

“Pertumbuhan Ekonomi Sulut hingga saat ini masih stabil. Pada triwulan III 2018, kita berada pada posisi 6,12 persen. Lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini juga merupakan kontribusi dari tanaman perkebunan. Kita harapkan, kedepan hal ini tetap dipertahankan,” jelas Sekprov Silangen.

Kepala Dinas Perkebunan Sulut Refly Ngantung optimis komoditi andalan Sulut yang sempat berjaya dapat dikembalikan.

Guna mencapai harapan ini, dia mengakui dibutuhkan kerjasama antara Pemprov Sulut dengan kabupaten/kota.

“Kerja bersama, bersama bekerja. Kita tidak bisa kerja sendiri-sendiri. Karena kita memiliki komoditi ekspor. Sinergitas yang paling utama adalah langkah yang paling strategis,” ujar Kadis Ngantung.

Selain itu, pihaknya akan terus melakukan evaluasi terkait kendala yang terjadi pada tahun 2018.

“Tadi Pak Sekprov sudah mengatakan bagaimana kita membuat roadmap rencana kerja di tahun ini, sehingga permasalahan tahun lalu bisa diminimalisir. Sementara tahun 2020 pada politik anggaran, kita persiapkan sedini dan sebaik mungkin,” jelas Ngantung.

 1,253 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *