Olly:Xianmen Airlines Segera Buka Rute, Setelah Perdana Sriwijaya Air Hangzhou-Manado

By: ronald sondakh

Manado, Sulutexpress.com – Sektor pariwisata Sulawesi Utara (Sulut) dipastikan semakin maju pesat. Ini karena terus bertambahnya rute penerbangan dari sejumlah kota di China ke Kota Manado. Selain Sriwijaya Air yang telah memulai pernerbangan perdana dari Kota Hangzhou China ke Manado pada Rabu (06/02/2019) hari ini, kabarnya salah satu maskapai penerbangan ternama asal Negeri Tirai Bambu itu juga akan segera membuka rute baru ke Sulut.

Hal ini diungkapkan langsung Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE. “Untuk penerbangan perdana Sriwijaya Air dari Kota Hangzhou China ke Manado telah tiba pagi tadi. Dan sesuai pembicaraan dengan Dubes Indonesia untuk China bersama delegasinya baru-baru ini, akan ada maskapai perbangan asal China Xiamen Airlines akan buka penerbangan baru ke Manado dalam waktu dekat ini, serta membicarakan soal investasi di Sulut,” jelas Gubernur Olly.

Terkait dimulainya penerbangan Sriwijaya Air yang melayani rute Ghuangzou China ke Manado, menurut Gubernur Olly, selama bulan Februari ini Sriwiajaya Air akan melakukan penerbangan carter dari Manado ke Hangzhou sebanyak 3 kali.

“Nantinya tanggal 1 April direncanakan akan terbang regular carter dua kali dalam seminggu dari Nangning Cina ke Manado. Selamat datang di Manado, nikmatilah aneka obyek wisata di Sulawesi Utara yang istimewa,” jelas Gubernur Olly, selaku pelopor dibukanya Provinsi Sulut sebagai gerbang pasifik.

Dia pun mengajak segenap masyarakat Sulut untuk kiranya memanfaatkan momentum hadirnya pariwisata di Sulut karena dengan banyaknya wisatawan masuk, banyak pula peluang bisnis yang bisa diciptakan untuk kemajuan perekonomian.

Adapun penerbangan perdana Sriwijaya Air SJ-4053 rute Ghuangzou-Manado yang menggunakan pesawat jenis Boeing 737-800 yang memboyong 183 wisatawan tiba pukul 05.00 Wita Rabu pagi di Bandara Sam Ratulangi Manado. Adapun pesawat berkapasitas 189 penumpang itu yang lepas landas dari Bandara Internasional Xiaoshan Hangzhou itu mendapat sambutan instansi terkait Pemprov Sulut bersama manajemen PT Angkasa Pura I Manado, di Bandara Sam Ratulangi Manado.

Staf Khusus Gubernur Bidang Pariwisata, Dino Gobel mengatakan selama ini selain Sriwijaya Air dengan rute barunya Hangzhou. “Saat ini Lion Air telah melayani 4 rute penerbangan carter yakni Changsha Huanghua, Tianjin, Guangzhou Baiyun, dan Shanghai Pudong,” kata Gobel.

Diketahui pada tahun 2018, wisatawan Cina masih mendominasi dibandingkan wisatawan asing lainnya yang sesuai data pihak Imigrasi Manado, turis Cina yang masuk melalui Bandara Sam Ratulangi Manado mencapai 107.075 atau meningkat 69% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2017. Sedangkan data terkini di tahun 2019, periode tanggal 1 Januari hingga 5 Februari jumlah turis asing yang tiba di Manado sudah hampir mencapai 20 ribuan orang.

1,589 kali dilihat, 3 kali dilihat hari ini

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

John Kelly Authentic Jersey 
Back to Top