Tunjang  Sektor Pariwisata, Walikota Manad0: Kembangkan Potensi Seni dan Budaya Pesta Adat Tulude

Walikota Manado DR. Ir GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA bawakan sambutan

Manado, sulutexpress.com—Manado yang merupakan kota tujuan wisata di Sulawesi Utara, terus melakukan pembenahan baik dalam segi pelayanan maupun infrakstruktur termasuk didalamnya pengembangan potensi seni dan budaya yang menjadi daya tarik para wisatawan asing maupun lokal yang nantinya akan berwisata di kota Manado ini.

 

Walikota GSVL dalam sukacita berbaur bersama grup masamper dan masyarakat

Hal ini disampaikan Walikota Manado DR. Ir GS Vicky Lumentut, SH. M.Si, DEA, dalam sambutan pada gelar pesta ada Tulude, Kamis (14/02/2019) sore hingga malam, bertempat di Lapangan Sparta Tikala Manado.

Dimana menurut Walikota potensi seni dan budaya di kota Manado ini sangat besar sehingga, perlu kita kembangkan sebagai daya tarik pariwisiata termasuk seni dan budaya asal Nusa Utara, seperti Tulude, Masamper, tarian adat dan masih banyak lagi yang perlu kita angkat bersama guna menopang Manado sebagai destinasi ekowisata berbasis keragaman budaya

Berjalan Meriah, Pemkot Manado Sukses Gelar Pesta Adat Tulude 2019

Pemerintah Kota Manado sukses menggelar acara Pesta adat Tulude bertempat di Lapangan Sparta Tikala Manado, Kamis (14/02). Dimana Upacara adat Tulude bagi masyarakat etnis Nusa Utara (baca- Sangihe, Sitaro dan Talaud) merupakan warisan dari pendahulu/leluhur yang masih dilestarikan serta dirayakan hingga sekarang ini.

Sudah berabab-abab acara sakral dan riligi ini, menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sehingga telah terpatri dalam adat, tradisi juga budaya masyarakat Sangihe, Sitaro dan Talaud, sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam penyertaannya bagi kehidupan masyarakat.

Gelar Adat Tulude, didahului dengan prosesi arakan Kue Tamo yang dibawah dari gedung Gereja Sentrum Manado, sebelum diarakan ke lokasi acara lapangan Sparta Tikala, oleh pasukan adat serta para pentua adat terlebih dahulu di doakan oleh Hamba Tuhan.

Dalam Kesempatan tersebut, Walikota Manado DR. Ir GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA, menyampaikan Sejatinya perayaan gelar adat Tulude merupakan wujud ungkapan syukur kepada Tuhan yang telah menyertai berjalan kehidupan kita semua, dari tahun yang lalu dan menapaki tahun yang baru ini, kita mohon pertolongan Tuhan guna pemeliharaanNya dalam setiap kehidupan kita.

 

Ditambakannya, gelar adat Tulude juga mempunyai tujuan, untuk mempromosikan budaya serta memperkuat ketahanan nasional sekaligus mendukung wonderful indonesia serta memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia.

“ Harapan kita bersama agar lewat gelar adat Tulude Kota Manado ini akan terbangun masyarakat yang religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral, sosial dan toleransi,” terangnya.

 

Dalam perayaan adat Tulude tersebut, juga ditampilkan gelar kesenian dan budaya yang membuat acara tambah meriah.

 

Hadir, dalam acara tersebut, Ketua DPRD Kota Manado, Ketua TP PKK Kota Manado, Wakil Walikota Mor D. Bastian, SE, Wakil Ketua TP PKK Kota Manado, Sekretaris Daerah Micler CS Lakat, SH, MH. ss Ketua IKISST Sulawesi Utara, FORKOPIMDA, Tokoh Agama/Tokoh Masyarakat serta para undangan. (LIPSUS)

 783 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *