Kans Olly Dondokambey Ke Kabinet, Begini Kata Jokowi ?

MANADO, Sulutexpress.com – Setelah mengukir nama kabinetnya kini Presiden Jokowi mulai buka – bukaan soal posisi menterinya.

Menarik, ketika bertemu pimpinan media di Istana Merdeka Jakarta, Kamis (15/8/2019), Presiden Jokowi menyebut ada 1 menteri berasal dari kepala daerah.

Sontak, kepala daerah yang dimaksud mengarah pada salah-satu dari 2 nama yakni Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Pengamat politik, Taufik Manuel Tumbelaka, menilai peluang Olly Dondokambey masuk kabinet lebih besar ketimbang Ganjar Pranowo.

Dua faktor peluang Olly Dondokambey lebih besar, menurut Taufik Tumbelaka, yakni pertama, Olly Dondokambey memiliki posisi strategis di DPP PDI Perjuangan sebagai bendahara umum.

Kedua, masa jabatan gubernur Olly Dondokambey sudah 3,5 tahun, sementara masa jabatan gubernur periode kedua Ganjar Pranowo baru sekitar 1 tahun.

“Dilihat dari konstelasi condong ke pak Olly. Mungkin juga ibu Megawati melihat wakilnya pak Olly Dondokambey sudah siap menjadi gubernur dibandingkan wakilnya pak Ganjar Pranowo,” tandas Taufik Tumbelaka.

Meski demikian, Taufik Tumbelaka juga mengungkapkan kemungkinan di luar 2 nama tersebut.

“Bisa juga Presiden Jokowi mendengar suara masyarakat Papua dan mengambil salah-satu kepala daerah di Papua,” pungkas mantan aktivis UGM ini.

Soal menteri di kabinet Presiden Jokowi, Gubernur Olly Dondokambey menegaskan belum menerima tawaran.

“Soal menteri itu urusan Presiden Jokowi dan ibu Megawati Soekarno Putri. Sebagai kader harus siap ditugaskan di posisi manapun,” kata Olly Dondokambey kepada BeritaManado.com di sela pembekalan anggota dewan Fraksi PDIP di Hotel Grand Puri, Manado, Kamis (15/8/2019).

Sebelumnya diberitakan, sehari dipercayakan sebagai bendahara umum, dinamika di PDI Perjuangan terus menunjukkan progres mengejutkan.

Jika sebelumnya diisukan masih akan maju sebagai calon gubernur pada Pilkada Sulut 2020, pernyataan mengejutkan datang dari Gubernur Olly Dondokambey.

“Siap-siap SK (Steven Kandouw) jadi gubernur!” tandas Olly Dondokambey di sela pengucapan syukur bersama ratusan pendeta di the Raewaya Villas di Desa Nyambu, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali, Minggu (11/8/2019

 779 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *