Rasa Terima Kasih Gubernur Olly Pada Masyarakat Sulut, Hut Kemerdekaan RI 74 Di Akhiri Dengan Tos Kenegaraan

SULUT, Sulutexpress.com – Peringatan detik-detik Proklamasi dalam rangka HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Lapangan KONI Sario Manado, Sabtu (17/8/2019) berlangsung sukses.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup).

Gubernur Olly bertindak sebagai Irup peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 74 dilapangan KONI Sario Manado

Upacara ini turut dihadiri jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Andrei Angouw, Ketua TP PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw, Wakil Ketua TP PKK Kartika Devi Kandouw-Tanos, Sekdaprov Edwin Silangen, para pejabat Pemprov Sulut, anggota Legiun Veteran, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan kalangan pelajar.

Sedangkan yang bertindak sebagai Komandan Upacara, yakni Letkol Nur Subagio. Dan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, serta pengibaran bendera merah putih dilakukan 30 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dari 15 Kabupaten dan Kota se-Sulut.

Gubernur Olly memberikan bendera merah putih kepada paskibraka pembawa baki untuk kemudian dikibarkan

Bertindak sebagai Danpok 17 Al Gufransyah Dade, Danpok 8 Fadly Akili, pembawa baki bendera Yosua Dewa dan pengerek bendera Daniel Tatipang.

Selesai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan tanda penghargaan Lencana Melati kepada Wagub Kandouw oleh Gubernur Olly selaku Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Sulut.

Penghormatan kepada sang saka merah putih saat dikibarkan oleh pasukan paskibraka

Nampak, ratusan pelajar SMK Negeri 1 Manado menyanyikan lagu-lagu nasional dan daerah diikuti seluruh peserta upacara.

Usai upacara, Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Wagub Steven Kandouw menggelar resepsi kenegaraan dengan para veteran Kemerdekaan di Graha Gubernuran.

Foto bersama Gubernur Sulut Olly beserte Ibu Rita, Wakil Gubernur Kandouw beserta ibu Devi dan pasukan Paskibraka 2019

Selanjutnya pada sore hari, Gubernur Olly Dondokambey kembali menjadi Irup Penurunan Bendera dan dilanjutkan dengan Toast Kenegaraan.

Pada saat diwawancarai, Gubernur Olly memberikan ucapan selamat HUT kemerdekaan RI ke-74 bagi seluruh rakyat Indonesia dan khususnya warga Sulawesi Utara.

Usai upacara, Gubernur dan Wagub gelar resepsi kenegaraan bersama Veteran

“Selamat HUT kemerdekaan RI ke-74. Merdeka,” ujar Olly.

Dirinya berharap pada momentum kali ini, warga Sulut untuk selalu menjaga keamanan dan persatuan yang telah terjalin baik selama ini.

Foto bersama
Gubernur Olly, Ibu Rita, Wagub Kandouw, Ibu Devi bersama Veteran

Tak lupa juga Gubernur mengapresiasi kepada jajaran Forkopimda dan seluruh pihak yang terlibat dalam menyukseskan penyelenggaraan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-74 tingkat provinsi Sulut.

“Mari jaga persatuan dan kesatuan serta mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif,” tambahnya.

Foto bersama dengan para Veteran dan undangan yang hadir

“Apresiasi buat seluruh pihak sehingga upacara kali ini berjalan baik dan sukses,” ungkapnya.

Diketahui, peringatan HUT kemerdekaan RI tahun 2019 kali ini juga, pemerintah daerah Sulut telah melaksanakan pengukuhkan 30 anggota Paskibraka di Graha Gubernuran Bumi Beringin Manado, Kamis (15/8/2019).

Gubernur Olly saat memberikan sambutan

Selanjutnya, menggelar nonton bareng rapat paripurna istimewa untuk mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Kantor DPRD Sulut, Jumat (16/8/2019).

Dan dilanjutkan dengan Upacara Pawai Taptu di Lapangan Mapolda Sulawesi Utara, Jumat (16/8/2019) yang dilepas oleh Wakil Gubernur Sulut Steven O. E. Kandouw.

Gubernur Olly menjadi Irup saat penurunan sang saka merah putih dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke -74

Pada kesempatan tersebut, Wagub Kandouw mengatakan, bahwa kemerdekaan tidak didapat dengan mudah, karena harus melalui proses pengorbanan ,air mata darah bahkan jiwa.

“Melalui Taptu mengingatkan kita semua bagaimana jasa jasa para Founding Father kita yang dulu memproklamirkan republik ini jadi tidak serta merta tapi melalui proses perjuangan” Kata Kandouw.

Penurunan sang saka merah putih oleh paskibraka Sulut 2019

Pawai Taptu merupakan pawai berjalan kaki dengan membawa alat penerangan obor, yang diadakan tiap tahun dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Upacara ini dipimpin langsung oleh Kapolda Sulut, Irjen Pol Dr. Remigius Sigid Tri Harjanto, SH, M.Si, peserta terdiri dari personel TNI-Polri, instansi pemerintah, pelajar dan gerakan pramuka.

Bendera merah putih diserahkan paskibraka pembawa bali kepada Gubernur Olly

Pawai diawali dengan pemasangan api obor oleh Kapolda Sulut kepada perwakilan peserta. Setelah obor peserta seluruhnya menyala, dilangsungkan dengan pelepasan pawai oleh Wagub Steven O. E Kandouw, Kapolda Sulut bersama Forkopimda.

Gubernur Olly dan ibu Rita saat memotong kue HUT Kemerdekaan RI Ke -74 dalam acara tost kemerdekaan

Pawai ini bertujuan untuk mengenang kembali perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia, khususnya di daerah Sulawesi Utara.

Acara Tost Kenegaraan ditandai para hadiri dengan memegang gelas bertandai tost yang mengartikan rasa syukur atas kemerdekaan RI yang didapatkan dengan pengorbanan para pahlawan RI

Usai Pawai Taptu, pemprov Sulut bersama jajaran Forkopimda menggelar Apel Kehormatan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Kairagi Manado, Sabtu (17/8/2019) tepat pada pukul 00.00 Wita.

Didepan awak media, Gubernur Olly ucapan selamat HUT kemerdekaan RI ke-74 bagi seluruh RI dan khususnya warga Sulut.

Selain itu juga untuk meramaikan kemerdekaan RI kali ini, pemerintah daerah provinsi Sulawesi Utara menggelar Lomba Gerak Jalan 8 km, 17 km dan 45 km. Pada lomba yang disebutkan terakhir, Wagub Steven Kandouw juga ikut sebagai peserta lomba. Sedangkan pada lomba jalan sehat yang lain, pesertanya datang dari pihak sekolah, SKPD serta umum. (Adve)

 1,417 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *