Layanan PSC 199 Topang Parawisata Sulut

Dengan diluncurkannya layanan Public Safety Center 119 atau PSC 119 oleh Gubernur Olly Dondokambey di Lapangan Robert Wolter Mongisidi Manado, menambah kemeriahan perayaan HUT ke-55 Provinsi Sulawesi Utara, Senin (23/9/2019).

Diketahui, Layanan PSC 119 adalah layanan kegawatdaruratan kesehatan terpadu yang digagas Dinas Kesehatan Provinsi Sulut yang mengintegrasikan seluruh layanan emergency di 15 Kabupaten Kota, 192 Puskesmas dan 46 Rumah Sakit.

Setiap laporan masyarakat Sulut yang masuk melalui layanan berbasis telepon 119 ini akan diterima oleh petugas kesehatan terlatih yang akan membantu masyarakat memberikan advis layanan emergency maupun evakuasi medis dengan ambulans bila diperlukan. Layanan ini berlangsung 1 x 24 jam selama 7 hari seminggu.

“Layanan ini dibangun juga untuk menopang pembangunan sektor kepariwisataan di Sulawesi Utara karena telah dinyatakan sebagai daerah super prioritas dalam pengembangan kepariwisataan oleh Presiden Joko Widodo, sehingga Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw kemudian menginstruksikan semua sektor menopang kebijakan ini. Kami dari Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara menginterpretasikan dukungan ini lewat layanan PSC 119,” ujar Kadis Kesehatan Sulut dr Debie Kalalo.

“Semoga dengan dilaunchingnya layanan ini, kita makin dekat dengan cita-cita kita yakni Sulut Sehat dan Sulut Hebat,” tutup dr Debie. (Rosok)

 811 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *