Majelis Kebudayaan Adat Minahasa Menganugerahi Gelar Adat Dan Mengukuhkan Gubernur Olly Sebagai Tonaas Wangko Um Banua

MINAHASA, sulutexpress.com – HUT ke-591 Kabupaten Minahasa menjadi momen bersejarah bagi Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE. Pasalnya, di momen spesial ini, Majelis Kebudayaan Adat Minahasa menganugerahi gelar adat dan mengukuhkan Gubernur Olly sebagai ‘Tonaas Wangko Um Banua’ dalam rangkaian Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Minahasa bertempat di Wale Ne Tou Tondano, Selasa (05/11/2019).

Penganugerahan gelar adat Minahasa Tonaas Wangko Um Banua merupakan simbol tertinggi di Tanah Toar Lumimuut dan diberikan karena telah berjasa memberi kontribusi yang positif bagi pembangunan daerah Minahasa.

Penganugerahan gelar adat ini didahului dengan prosesi ritual adat yang sudah disiapkan Majelis Kebudayaan Adat Minahasa.

Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wagub Drs Steven OE Kandouw bersama Bupati Ir Royke Oktavianus Roring MSi, Wabup Robby Dondokambey SSi MM dan Ketua DPRD Kabupaten Minahasa

Selain itu, pemberian gelar adat ini adalah salah satu bagian dari upaya pelestarian budaya, serta sebagai wahana memupuk rasa kekeluargaan, kekerabatan, dan memberikan motivasi melestarikan nilai leluhur sebagai modal dasar pembangunan di tanah Toar Lumimuut yang bersendikan kearifan lokal.

Tonaas Wangko Um Banua Olly Dondokambey SE dalam sambutan di Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Minahasa menyampaikan selamat memperingati Hari Jadi ke-591, kepada segenap jajaran pemerintah dan seluruh masyarakat Minahasa.

“Suatu hal yang patut disyukuri bersama, sekaligus dijadikan momentum evaluasi, koreksi dan introspeksi atas hasil-hasil kinerja yang telah dicapai,” kata Tonaas Wangko Um Banua Olly Dondokambey.

Bupati Minahasa Ir Royke Oktavianus Roring MSi menyerahkan atribut Adat kepada Gubernur Olly Dondokambey SE

Orang Nomor Satu di Bumi Nyiur Melambai Provinsi Sulawesi ini mengatakan, beberapa tahun terakhir, Minahasa senantiasa menunjukkan dinamika pembangunan yang sangat progresif dan menjanjikan melalui berbagai pencapaian positif di setiap sektor pembangunan yang dilaksanakan.

Termasuk di dalamnya, dimana daerah ini terus berupaya menjadi daerah yang mampu mengiringi pembangunan dengan perkembangan zaman.

Menurut Gubernur Olly, tentunya hal ini tidak lepas dari rintisan karya dari segenap jajaran Pemerintah dan elemen masyarakat Minahasa dari generasi ke generasi dalam memaksimalkan seluruh potensi yang dimiliki.

Tonaas Wangko Um Banua Olly Dondokambey SE saat membawakan sambutan di Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Minahasa

“Masyarakat Minahasa merasakan kehadiran pemerintah dalam pembangunan,” ucapnya.

Untuk itu, Gubernur Olly yang kini menyandang gelar adat, mengajak seluruh masyarakat Minahasa tetap menjaga kerukunan yang terjalin hingga kini.

“Tetap menjaga keamanan dan ketertiban, saling menghormati, meningkatkan kerukunan, dan tetap berada dalam kesadaran bahwa Torang Samua Ciptaan Tuhan,” pesan Gubernur Olly.

Nampak hadir Ketua TP PKK Provinsi Sulut Ir Rita Maya Dondokambey Tamuntuan

Rapat Paripurna Istimewa DRPD Kabupaten Minahasa ikut dihadiri jajaran Forkopimda Sulut, Ketua TP PKK Sulut Ir Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw, Sekdaprov Edwin Silangen SE MS, Bupati Minahasa Ir Royke O Roring MSi, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey Ssi MM dan Ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw serta anggota, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, jajaran Pemkab Minahasa dan  undangan. (Advertorial).

 1,501 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *