Buruh Minta Perhatian Disnakertrans Soal RUU Cipta Kerja

SULUT, sulutexpress.com – Ir Erny Tumundo MSi  Mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wagub Drs Steven OE Kandouw (ODSK), Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Provinsi Sulut menerima ratusan pengunjukrasa yang berasal dari Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Sulut dan Asosiasi Pedagang Pasar Bahu Manado di Kantor Gubernur, Rabu (15/01/2020) siang.

Kadisnakertrans Sulut ini ikut didampingi jajarannya dan mendengarkan sejumlah aspirasi yang disampaikan para pendemo.

Tumundo di hadapan ratusan pendemo mengatakan aspirasi yang terkait dengan kehidupan para buruh dan pekerja di Sulut, tetap mendapatkan perhatian dari ODSK, baik menyangkut upah buruh, persoalan buruh, keikutsertaan buruh pada program BPJS Ketenagakerjaan maupun penciptaan lapangan kerja.

“Jadi apa yang diaspirasikan oleh teman-teman buruh, yang.menyangkut kondisi buruh di Sulut, tetap menjadi perhatian serius pak Gubernur Olly Dondokambey SE dan pak Wagub Drs Steven OE Kandouw. Sehingga aspirasi apa saja, akan mendapat perhatian serius dari pimpinan kami, dan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, aspirasi itu direalisasikan, ” kata Erny Tumundo.


Hanya saja, tambah kepala dinas Disnakertrans Daerah Provinsi Sulut ini, para pengunjukrasa kali ini menyampaikan aspirasi berupa RUU Omnibus Law atau RUU Cipta Kerja yang diajukan pemerintah pusat kepada DPR RI.

RUU Omnibus Law ini dicurigai para buruh di Indonesia, justru akan merevisi 17 Undang-undang, termasuk UU No 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

Selain itu, KSBSI Sulut dan Asosiasi Pedagang Pasar Bahu serta perwakilan buruh dari RSUP Prof Kandou dan pedagang Sagerat Girian Kota Bitung, menyampaikan agar Pemprov Sulut dapat memediasi persoalan yang dialami baik buruh maupun pedagang pada tempat aktivitas di atas.

Menurut Tumundo, aspirasi terkait buruh RSUP Prof Kandou, Pedagang Pasar Bahu dan Pedagang Pasar Sagerat Girian Kota Bitung, akan disampaikan kepada pimpinan, dalam hal ini Gubernur Olly dan Wagub Kandouw.

“Langkah dan petunjuk pimpinan, akan segera kami sampaikan dan tindaklanjuti bersama teman teman buruh dan pedagang,” tandas Tumundo.
Diketahui, unjukrasa yang dimotori KSBSI Sulut yang dipimpin Frangky Mantiri cs menyampaikan aspirasi baik menyangkut persoalan nasional maupun lokal di Sulut. 

 759 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *