Sukses Gelar Upacara Adat Tulude, Walikota GSVL Ajak Masyarakat Rawat Manado Sebagai “Rumah Besar Kita”

Pemerintah Kota Manado, sukses menggelar upacara adat Tulude, dimana prosesi acara ditandai dengan dibawahnya kue Tamo yang diarak mulai dari Gereja Sentrum Manado melewati pusat kota, terus ke jalan Sudirman sampai dilapangan Sparta Tikala, selama arak-arakan kue Tamo masyarakat begitu antusias melihat kue Tamo dibawah oleh tim adat, dikawal dengan pasukan Paskibra, grup masamper, tarian adat serta marching band Satpol PP Kota Manado, Rabu (05/02/2020) kemarin.

Walikota Manado GS Vicky Lumentut bersama isteri, Wakil Walikota Mor Bastiaan bersama isteri, dalam prosesi Tulude saat tiba di lapangan Sparta Tikala.

Suksesnya upacara adat Tulude di Kota Manado merupakan hal yang patut disyukuri, terutama kerja keras dari semua pihak yang memungkinkan Tulude di Manado saat berjalan dengan baik. Penghargaan yang tinggi pun diberikan Walikota Manado, DR. GS Vicky Lumentut (GSVL), kepada Ikatan Kekeluargaan Sangihe, Sitaro dan Talaud (IKISST) yang masih tetap bersama dengan Pemerintah Kota Manado dalam merawat “Rumah Besar” dengan kekayaan budaya yang ada.

“Mari kita rawat bersama Rumah Besar Kita ini, bersama dengan semua etnik yang ada di Manado. Hari ini Tulude saya katakan sukses untuk itu terima kasih dari kami bagi semua,” ujar Walikota dua periode ini.

Walikota Manado GS Vicky Lumentut dipakaikan topi adat oleh Ketua IKISST Sulut Orbanus Naharia

Orang nomor satu di Kota Manado ini menambahkan,  lewat pelaksanaan Tulus, dapat dimaknai sebagai permintaan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta simbol meninggalkan yang tidak baik di tahun sebelumnya untuk kemudian memulai hal baik di tahun baru ini. Walikota pun meminta dukungan bagi seluruh warga Manado asal Nusa Utara terhadap berbagai program yang berkelanjutan di tahun 2020, jangan sampai ada yang salah mengimplementasikan program tersebut.

Walikota Manado GS Vicky Lumentut bersama isteri, Wakil Walikota Mor Bastiaan bersama isteri, Ketua IKISST Sulut Orbanus Naharia bersama isteri, dalam prosesi Tulude saat tiba di lapangan Sparta Tikala.

Sementara itu, Ketua IKISST Sulut, Prof. DR. Orbanus Naharia, M.Si, menyampaikan banyak terimakasih kepada Walikota Manado dan Wakil Walikota Manado, yang memasukan gelar budaya adat Tulude sebagai agenda rutin yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Manado.

” Ini menjadi kebanggaan kami warga Manado asal Nusa Utara (Sangihe, Sitaro dan Talaud) dimana adat dan budaya kami mendapat tempat yang layak dan baik dalam Kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota sebagai agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Manado,” ujar Ketua IKISST Sulut ini.

Hadir dalam upacara adat Tulude, Wakil Walikota, Mor D. Bastiaan,SE, Ketua TP PKK Kota Manado, Prof. Julyeta PA Lumentut – Runtuwene, MS, DEA, Wakil Ketua TP PKK Kota Manado, Imelda Bastiaan – Markus, SE, Ketua DPRD Kota Manado, Altje Dondokambey, Kapolresta Kota Manado, Kombes Pol, Benny Bawansel, SIK, MH, Forkimda Kota Manado/Mewakili, Jajaran Pejabat Eselon II dan III dilingkup Kota Manado, Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Asal Nusa Utara, serta tamu undangan lainnya. (LIPSUS)

 574 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *