Pesta Tulude, Joune Ganda Ajak Warga Nusa Utara Bangun Minut Bersama

MINUT, sulutexpress.cim – Agenda tahunan pesta adat Tulude yang digelar kemarin siang, Sabtu (8/2/2019) di desa Munte kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) berlangsung sukses dan spektakuler.

“Saya pribadi menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Ketua Badan Musyawarah Kekeluargaan Indonesia Sangihe Talaud (BAMUSKISST) atas kepercayaan kepada saya selaku ketua umum pelaksanaan kegiatan hari ini.”ujar Joune Ganda Ketua umum pelaksanaan Pesta Tulude Kabupaten Minahasa Utara 2020.

Menurut Joune Ganda, agenda adat tahunan yang digelar hampir diseluruh wilayah Provinsi Sulut ini, seakan menjadi satu perayaan adat bersama masyarakat bumi nyiur melambai tanpa terkecuali.

“Pesta adat Tulude ini salah satu pesta adat bernuansa budaya dan seni wilayah Sangihe yang bernilai tinggi.”kata Ketua Pengprov GABSI Sulut itu dengan menegaskan kesuksesan acara adat Tulude ini berkat kerjasama seluruh panitia pelaksana dan dukungan masyarakat asal Nusa Utara yang ada di Kabupaten Minahasa Utara.

Joune Ganda menambahkan, melihat animo dan partisipasi warga yang sangat tinggi, maka pesta adat Tulude telah sangat tepat dimasukkan dalam agenda paket wisata seni dan budaya di Sulut, khususnya di Kabupaten Minahasa Utara.

“Saya menilai pesta adat Tulude ini sangat penting untuk di jaga, dilestarikan dan dikembangkan lagi menjadi satu daya tarik Wisata yang datang ke daerah ini.”tandas calon tunggal Bupati Minut yang akan diusung oleh PDI Perjuangan ini menambahkan pesta adat Tulude kekayaan adat yang layak patut di banggakan dan di kembangkan pada masa yang akan datang.

Seperti ditempat lainnya, pesta adat Tulude Kabupaten Minut 2020 ini berlangsung meriah yang diwarnai dengan ritual khas adat peninggalan pendahulu wilayah Sanghine dan rangkaian acara adat lainnya.

Adapun Pesta ada yang dihadiri hampir seluruh masyarakat Minut yang berdarah Nusa Utara dan sekitarnya ini di dukung penuh oleh Onwer Raewaya group yang juga selaku ketua umum pesta Tulude 2020 ini, turut dihadiri langsung oleh ketua BAMUSKISST Edwin Silangen, Ketua DPRD Minut Denny Lolong, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey Kapolresta Minut bersama unsur Forkopimda Kabupaten Minut lainnya.

 1,367 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *