Rab. Feb 19th, 2020

Target Cetak Tiga Ribuan e-KTP Pemula Sebelum Pilkada, Disdukcapil Minut Jemput Bola di Desa-Desa

2 min read

Kepala Disdukcapil Kabupaten Minut Budi Patah

MINUT, sulutexpress.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), dipastikan jemput bola di Desa-Desa Tahun 2020 ini.

Hal ini terkait target dalam mencetak tiga ribuan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) khusus Pemula, yang akan dikebut sampai (23/09/2020) nanti, sebelum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

Dikatakan Kepala Disdukcapil Minut, Budi Patah, Kamis (13/02/2020) kepada wartawan di ruang kerja, sesuai rencana Disdukcapil Minut akan menjemput bola turun langsung di Desa-Desa seperti pada Tahun 2019 lalu.

“Kita jemput bola di Desa-Desa yang belum melakukan perekaman e-KTP yang persentasenya masih tinggi, sehingga target 3000-an wajib e-KTP Pemula bisa tercapai, dan bukan hanya e-KTP tapi juga Kartu Keluarga (KK) dan lain-lainnya,” pungkas Kadisdukcapil Minut, Budi Patah.

“Selain itu, kita juga kasihan melihat ada orang-orang yang sudah tua datang jauh-jauh ke kantor Disdukcapil Minut untuk melakukan perekaman e-KTP. Sehubungan dengan itu, kita akan jemput bola dan menyurat ke Kecamatan-Kecamatan serta Desa-Desa untuk dilihat skala prioritas mana yang persentasenya belum merekam e-KTP paling tinggi,” sambungnya.

Dirinya mengimbau kepada masyarakat khususnya Pemula untuk segera datang merekam sehingga bisa memiliki e-KTP.

“Jelas sangat berguna untuk mereka, apalagi e-KTP merupakan salah satu persyaratan dalam mencari pekerjaan, dan terpenting dalam waktu dekat ini akan mendekati Pilkada sehingga data kependudukan harus jelas,” katanya seraya menambahkan walaupun Disdukcapil Minut jemput bola di Desa tidak menutup kemungkinan bagi masyarakat khususnya Pemula untuk datang merekam langsung di kantor Disdukcapil Minut.

Terpisah, Sekretaris Disdukcapil Minut, Deydi Item, mengungkapkan surat untuk jemput bola di Desa tersebut baru diajukan ke Sekertaris Daerah (Sekda) Minut, Ir Jemmy H Kuhu MA.

“Hal ini dilakukan agar supaya Desa-Desa ini mengajukan berapa banyak orang yang belum melakukan perekaman e-KTP, apalagi data Penduduk ini bergerak terus dan dinamis, bisa saja pindah atau ada yang masuk,” ucap Item.

“Untuk target 3000-an e-KTP ini khusus wajib e-KTP usia 17 Tahun keatas, yang targetnya akan dikejar sampai (23/09/2020) sebelum Pilkada serentak. Artinya supaya mereka ini ada hak dalam memilih, dan ini juga sementara kita lakukan, biasanya kita belum cek tapi kita inventarisir yang khusus usia 17 Tahun,” kuncinya. (Egen)

2,896 kali dilihat, 8 kali dilihat hari ini

Bagikan berita ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori