Jelang Pilkada Serentak, Pemkab Minut Aktifkan Siskamling

MINUT, Sulutexpress.com – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak (23/9/2020), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut), mengimbau masyarakat mengaktifkan kembali Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling).

Hal ini untuk keamanan dan ketentraman masyarakat di Kabupaten Minut.

Menurut Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Kabupaten Minut, Forsman Dandel, kegiatan tersebut untuk mendukung Bupati Minut Dr (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh (VAP), yang menginginkan Pilkada serentak ini berjalan dengan aman dan damai.

“Sehingga kita perlu melakukan sosialisasi-sosialisasi ini dan diharapkan juga peran serta masyarakat dalam menjaga ketertiban, sehubungan dengan itu kita ada surat edaran untuk pengaktifan Siskamling. Jangan sampai momen seperti Pilkada ini ada yang mencoba-coba untuk masuk menganggu, maka dari itu masyarakat sendiri yang tahu apakah ini orang baru dan bagaimana keberadaannya,” tukas Kaban Kesbangpol Minut, Forsman Dandel, didampingi Kabid Ketahanan Ekonomi Sosbud dan Ormas, Julius Mantiri, Kamis (20/2/2020) di ruang kerjanya.

“Inilah yang kita sarankan melalui surat edaran ibu Bupati ke Kecamatan, Kelurahan dan Desa, agar Siskamling diaktifkan kembali, juga diharapkan kepada masyarakat bahwa kegiatan Siskamling ini dilihat sebagai pengabdian dan membantu agar ketentraman bisa terjaga, sebab siskamling ini tidak dianggarkan,” sambungnya.

“Sebenarnya Siskamling ini bukan tidak aktif, memang waktu lalu Polres Minut pernah mengadakan lomba-lomba Siskamling dan membuat kegiatan ini aktif kembali. Jadi istilahnya jangan nanti ada lomba-lomba dan pemberitahuan baru diadakan Siskamling. Untuk itu diminta Siskamling ini terus diaktifkan karena ini juga untuk keamanan dan ketentraman masyarakat itu sendiri,” tutupnya. (Egen)

 4,188 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *