VAP Ingin Masyarakat Sukeskan Sensus 2020

MINUT, sulutexpress.com – Bupati Kabupaten Minahasa Utara (Minut), DR (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh (VAP), berharap masyarakat menyukseskan program sensus Tahun 2020.

Hal tersebut diutarakan VAP pada kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Sensus Penduduk 2020 Kabupaten Minut, Selasa (10/3/2020) di Sutan Raja Hotel Minut.

“Saya menyambut baik pelaksanaan sensus tahun ini, apalagi jumlah penduduk Minut sudah dapat dilihat tahun ini. Sebab data kependudukan menjadi sangat strategis untuk proses pengambilan kebijakan supaya lebih optimal dalam pemerintah melaksanakan pembangunan,” jelas VAP.

“Semuanya demi peningkatan pembangunan Minut kedepan dan sensus penduduk ini sudah ketujuh kalinya dilaksanakan Pemerintah RI,” sambungnya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Kabupaten Minut, Theodorus Lumingkewas mengatakan, Dinasnya turut menyukseskan pelaksanaan program pemerintah pusat. Hal itu dilakukan dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui mobil pelayanan keliling.

“Ini sudah dilakukan setiap sepuluh tahun sekali dan sejak Januari kami sudah mensosialisasikan sensus tersebut kepada masyarakat Minut, danakan dilakukan kembali pada Juni mendatang,” pungkasnya.

Ditempat sama, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kabupaten Minut, Arnolus Wolajan menerangkan, sensus penduduk menentukan pembangunan daerah kedepan dan akan menjadi rujukan pemerintah dalam membuat kebijakan pembangunan lewat anggaran daerah.

“Ini akan mengukur kinerja proses pembangunan dan menjadi target pembangunan pemerintah,” tukasnya.

Diketahui, Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) semaksimal mungkin melakukan sensus penduduk.

Diantaranya masyarakat melakukan pengisian data mandiri secara online melalui aplikasi di sensus.bps.go.id agar mudah diakses dalam era modernisasi ini.

Turut hadir Pejabat Eselon II Pemkab Minut, pihak BPS, dan tamu undangan lainnya.

(Egen)

 148 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *