Tindak Lanjut KEPPRES Nomor 7 Tahun 2020, BPBD Minut Gelar Rakor Hasilkan Rekomendasi Ke Bupati VAP

MINUT, sulutexpress.com – Menindak lanjuti Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (COVID-19), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut), menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) yang dipimpin Sekertaris Daerah (Sekda) Ir Jemmy Kuhu MA.

Dikatakan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minut, Jofieta Supit, tujuan dilaksanakan Rakor ini untuk menghasilkan rekomendasi yang akan disampaikan kepada Bupati Minut DR Vonnie Anneke Panambunan, STh (VAP) dalam pembentukan gugus tugas penetapan status siaga bencana non alam, dalam rangka percepatan dan penanganan Corona Virus Disease (COVID-19), di Minut.

“Tentunya sesuai dengan amanat KEPPRES Nomor 7 Tahun 2020 bahwa Kepala Daerah dalam menetapkan status tersebut harus berkoordinasi dengan BPBD, jadi kalau dari Tingkat Pusat Kepala BNPB itu selaku Ketua Gugus Tugas dan itu di break down seperti Tingkat Provinsi, lalu Kabupaten dan Kota,” jelas Kaban Jofieta Supit, Senin (16/03/2020), di ruang rapat Sekda Minut.

Kepala BPBD Kabupaten Minut Jofieta Supit

Namun, dia mengingatkan itu bukan hanya tugas dari BPBD, karena jika itu sudah bencana, maka sesuai dengan Amanat Undang-Undang (UU) Penanggulangan Bencana Nomor 24 bahwa bencana tersebut adalah tanggung jawab bersama.

“Yang didalamnya Pemerintah, seluruh stakeholder, swasta, maupun masyarakat, artinya kalau sudah ada penetapan status maka segala sumber daya itu dikerahkan termasuk yang ada di masyarakat,” lanjutnya.

Sebelumnya juga, tambah dia, Minggu (15/3/2020) malam telah dilaksanakan Rapat Darurat SKPD terkait mengenai antisipasi Covid-19 di Minut yang dipimpin langsung oleh Bupati VAP, hal ini untuk menindak lanjuti KEPPRES Nomor 7 Tahun 2020, juga imbauan dari World Health Organization (WHO) dan Surat Edaran Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

“Tadi malam sudah diadakan Rapat Darurat yang dipimpin oleh ibu Bupati dan menindak lanjuti itu maka dilaksanakan Rakor hari ini yang dipimpin pak Sekda,” kata Supit.

“Dalam mengantisipasi Covid-19, tadi malam juga ibu Bupati VAP mengimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di sepuluh Kecamatan di Minut untuk tetap berdoa, jangan panik, tetap jaga kesehatan, dan jaga kebersihan,” tutupnya. (Egen)

 470 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *