Minimalisir Dampak Covid-19, Dinkes Minut Terapkan Petugas Puskesmas ‘Sweeping’ door to door dan Shift Petugas

MINUT, sulutexpress.com –Meminimalisir penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Dinas Kesehatan (Dinkes) akan melakukan langkah-langkah antisipasi.

Diantaranya Dinkes Minut akan mengerahkan petugas Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) untuk melakukan kegiatan sweeping door to door atau program pelayanan kesehatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dari rumah ke rumah dan juga penerapan shift bagi petugas Puskesmas.

Demikian disampaikan Kepala Dinkes Kabupaten Minut, dr James Harly Sompotan, saat dikonfirmasi Wartawan Sulutexpress.com, Jumat (20/3/2020).

“Hal itu sesuai dengan edaran mengenai social distancing, sehingga dalam meminimalisir penyebaran Covid-19 ini, Dinkes Minut mengurangi pertemuan atau kumpul massa, apalagi seperti Posyandu itu harus kumpul puluhan masyarakat, bayi, dan balita di Balai Desa. Nah untuk menghindari hal tersebut maka kita akan rubah itu dengan mengerahkan Petugas Puskesmas melaksanakan sweeping door to door atau datang langsung ke rumah-rumah warga,” jelas Kepala Dinkes Minut, dr James.

“Kalau dulunya ada kumpul-kumpul puluhan masyarakat, sekarang tidak lagi seperti itu, jadi masyarakat cukup standby saja di rumah nanti petugas Puskesmas tersebut yang datang langsung, dan mereka itu datang bukan hanya memberikan imunisasi bayi dan balita tapi juga semua program secara terpadu di Posyandu seperti penimbangan, dan Peningkatan Mutu Puskesmas (PMP),” sambungnya seraya menambahkan, langkah strategis Dinkes Minut Ini untuk menghindari kontak dengan banyak orang dalam pencegahan dan menghindari serta meminimalisir penyebaran Covid-19 di Minut.


Kepala Dinkes Kabupaten Minut dr James Harly Sompotan

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga akan menerapkan Shift bagi petugas-petugas Puskesmas dan hal itu diatur oleh masing-masing Kepala Puskesmas.

“Jadi jam kerja petugas Puskesmas ini dibatasi sehingga sudah tidak full lagi, sehingga mereka bergantian dan ada yang tugas luar di lapangan,” kuncinya.

(Egen)

 537 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *