Jubir COVID 19 Nyatakan Tambah 1 Positive, 7 Orang Terkait Jadi ODP

SULUT, Sulutexpress.com – dr Steaven Dandel MPH Jubir Covid-19 Provinsi Sulut beberkan kasus pasien Positif Covid-19 di Sulut bertambah 1 orang, setelah hasil pemeriksaan sebelumnya terindentifikasi unsur genetik SARS COV-2, dan kini dinyatakan Positif Covid-19.

“Pada pemeriksaan sampel dari yang bersangkutan sebelumnya, terdeteksi ada komponen genetik SARS Cov-2. Dan hari ini, kami mendapat konfirmasi bahwa yang bersangkutan dinyatakan Positif Covid-19. Jadi angka kasus Positif Covid-19 di Sulut jadi 3 orang,” kata Steaven Dandel kepada wartawan di Media Center Satgas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara, Rabu (01/04/2020) pukul 18.00 Wita.

Adapun riwayat perjalanan pasien ini dari Eropa, dan pulang ke Manado pada pertengahan bulan Maret 2020.

“Selama satu sampai dua hari di Kota Manado, karena beliau punya rumah di Manado, lalu dia merasa sakit, dan langsung pergi berobat. Dari situ, kemudian langsung dirujuk ke ruang Isolasi karena yang bersangkutan memenuhi syarat sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP),” ujar Dandel.

Dijelaskan, pasien tersebut adalah perempuan berumur 39 tahun beralamat Tomohon, sesuai KTP. Akan tetapi menurut pengakuan, yang bersangkutan tidak pernah ke Tomohon, setelah kembali dari perjalanan dari luar negeri.

“Jadi dia memang langsung mengisolasi diri secara mandiri di rumahnya. Orang yang betul-betul aware dengan kondisi kesehatannya. Namun ada 7 orang yang terkontak erat dengan dia. 7 orang itu sudah diminta untuk diam di rumah masing-masing untuk diperiksa lebih lanjut,” tutur Dandel.

Selain itu, Jubir Covid-19 Provinsi Sulut inipun menyampaikan kabar gembira bahwa dari hasil pemeriksaan lanjutan, 2 orang dengan status PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dinyatakan NEGATIF Covid-19, sehingga jumlah sebelumnya 18 PDP, kini tinggal 16 PDP.

Demikian halnya jumlah ODP (Orang Dalam Pemantauan) terus mengalami penurunan dari 361, tinggal 359 ODP.

Sebelumya, Gubernur Sulut Olly Dondokambey menghimbau agar masyarakat tak panik dan meminta untuk selalu cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir minimal 20 detik, memakai masker kalau batuk atau pilek, makan dengan gizi yang seimbang, olahraga yang teratur, minum air putih 8 gelas sehari serta menjaga kebersihan di lingkungan.

 804 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *