Dinkes Minut Bantah Tak Hadir dan Abaikan Jenazah Positif Corona di Wusa

MINUT, sulutexpress.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), menampik adanya pemberitaan media yang beredar bahwa pihaknya tidak hadir dan mengabaikan jenazah positif Corona Virus Disease (Covid-19), di ladang pekuburan Wusa Kecamatan Talawaan, Jumat (10/4/2020) tadi pagi.

Dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Minut, dr James Harly Sompotan MKes, intinya jenazah positif Corona tersebut sudah dikuburkan, tapi yang harus dipahami bahwa Jumat (10/4/2020) tadi pagi itu ada bertepatan dengan ibadah Jumat Agung atau Kematian Tuhan Jesus Kristus.

“Tadi pagi itu bertepatan dengan pelaksanaan ibadah Jumat Agung apalagi kita adalah umat Kristiani, jadi saya jelaskan bahwa waktu itu kita datang terlambat karena sedang melaksanakan ibadah, jadi tidak seperti yang diberitakan bahwa kita tidak ada di lokasi pekuburan atau terkesan mengabaikan jenazah berjam-jam,” tandasnya kepada Wartawan Sulutexpress.com.


Kadis Kesehatan Kabupaten Minut dr James Harly Sompotan Mkes

Dalam konteks itu, dia mengakui pihaknya juga ada miss komunikasi dengan pihak RSUP Prof Kandou Malalayang Manado terkait dalam penanganan jenazah tersebut.

“Jadi yang kita harapkan pihak Prof Kandou yang membawa jenazah di ladang pekuburan, ternyata tidak, disitu terjadi miss komunikasi atau beda pendapat, karena dibilang pihak Prof Kandou lah yang tangani itu, lalu dibilang kita lah, dan akhirnya kita lakukan itu mendadak sehingga protapnya itu menjadi lain,” jelas Kadis dr Sompotan.

“Apalagi posisi waktu itu kita sementara menunggu bahkan diharuskan untuk secepatnya mencari orang atau tenaga dalam mengurus jenazah tersebut, tapi kan orang-orang yang kita cari itu juga lagi sementara melaksanakan ibadah Jumat Agung dan kita telepon mereka nomornya tidak aktif, jadi saya rasa kalau ada keterlambatan penanganan jenazah itu tidak masalah, yang penting sudah dikuburkan dan tidak sampai malam hari, jadi kalau mau diviralkan itu silahkan, yang penting pasien tersebut sudah kita kuburkan,” kuncinya.

(Egen)

 1,744 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *