Update Covid-19 : Status PDP Jadi Empat Orang di Minut

MINUT, sulutexpress.com – Status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), bertambah menjadi empat orang.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Minut, dr James Harly Sompotan MKes, sesuai update data Dinas Kesehatan hingga Kamis (16/4/2020).

“Jadi status PDP di Minut sudah empat orang, masing-masing satu orang berjenis kelamin wanita asal Kecamatan Talawaan yang sudah meninggal Rabu (15/4/2020) tadi malam, satu orang laki-laki sekira umur 60an asal Kecamatan Talawaan, satu laki-laki usia 60an asal Kecamatan Kalawat, dan perempuan asal Kecamatan Talawaan yang belum diketahui umurnya,” terang Kadis dr James Sompotan, Kamis (16/4/2020) kepada Wartawan Sulutexpress.com di ruang kerjanya.


Kadis Kesehatan Kabupaten Minut dr James Harly Sompotan MKes

Dia menguraikan, yang pertama adalah PDP perempuan warga Kecamatan Talawaan yang meninggal tadi malam di RSUP Kandou Malalayang Manado, jenazah tersebut memiliki riwayat penyakit penyerta, setelah dilakukan tes darah, rontgen, foto toraks ternyata dia pneumonia dan dinyatakan PDP oleh pihak Rumah Sakit, selain itu ada riwayat penyakit ginjal dan diketahui sementara cuci darah.

“Sebelum dia meninggal, PDP tersebut belum sempat dilakukan swab test oleh pihak RS sehingga belum bisa dipastikan apakah PDP ini positif corona atau tidak, tapi kita melakukan protap pemakaman jenazah sesuai Covid-19, jenazah sudah dikuburkan Kamis (16/4/2020) sekira Pukul 02.00 WITA di tanah pekuburan Desa Kolongan, Talawaan, Minut,” terang Sompotan.

Lanjut dia, untuk PDP kedua dan ketiga sama-sama berjenis kelamin laki-laki, usianya juga mirip sekira 60an Tahun, yang satu warga Kecamatan Talawaan dan satunya asal Kecamatan Kalawat.

“PDP kedua jenis kelamin laki-laki asal Kecamatan Talawaan adalah suami dari pasien positif corona dan setelah melalui rangkaian tes oleh pihak RS dia dinyatakan pneumonia, mirip dengan PDP ketiga laki-laki asal Kecamatan Kalawat juga ada pneumonia, sekarang mereka berdua sementara dirawat di RSUD Maria Walanda Maramis, Sarongsong, Airmadidi,” jelas Sompotan.

Untuk PDP yang keempat, tambahnya, adalah perempuan warga Kecamatan Talawaan yang belum diketahui usianya, sekarang sementara dirawat di RS Robert Wolter Monginsidi Teling Manado.

“PDP keempat ini adalah warga Kecamatan Talawaan memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta, dia diduga ada kontak erat positif dengan temannya waktu mengikuti pelatihan di Jakarta, pulang di Manado dia dinyatakan PDP dan sekarang sementara dirawat di RS Teling Manado,” kunci Sompotan.

(Egen)

 551 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *