Update Covid-19 di Minut 20 April : 2 Positif, 3 PDP Meninggal

MINUT, sulutexpress.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) mengkonfirmasi update Corona Virus Disease (Covid-19), Senin (20/4/2020) sampai Pukul 16.00 WITA.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Minut, dr James Harly Sompotan MKes, mengungkapkan pelaku perjalanan dari luar daerah dan luar negeri ada 128 orang, kontak erat resiko rendah tidak ada, kontak erat resiko tinggi dengan pasien positif corona ada 12 orang.

“Orang Dalam Pemantauan (ODP) 1 orang, Total Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 6 orang, PDP meninggal dunia 3 orang, Selesai Pemantauan 815 orang, Konfirmasi Positif 2 orang , sembuh tidak ada, meninggal 1 orang,” jelas Sompotan, Senin (20/4/2020) kepada Wartawan Sulutexpress.com.

Sompotan menguraikan, PDP pertama yang meninggal dunia adalah warga Kolongan Kecamatan Talawaan yang sudah dikuburkan beberapa waktu lalu, PDP kedua yang meninggal adalah warga Tanggari Kecamatan Airmadidi, dan PDP ketiga yang meninggal warga Airmadidi Atas Kecamatan Airmadidi, PDP kedua dan PDP ketiga ini sudah dikuburkan.

“PDP kedua dan PDP ketiga itu di luar data Dinkes Minut, RSUP Prof Kandou Malalayang Manado menetapkan mereka berdua itu ada pneumonia sehingga dianggap PDP dan mereka ada komplikasi penyakit lain, mereka itu adalah pasien umum yang meninggal di RSUP Prof Kandou dianggap mereka itu dikubur secara covid-19, kemungkinan juga mereka diperiksa lab positif, sehingga Pemprov dan Dinas Kesehatan Provinsi Sulut memutuskan untuk memerintahkan pihak Polres menguburkan kedua PDP ini secara protap Covid-19, dan sekarang mereka sudah dikuburkan,” ungkap Sompotan.


Kadis Kesehatan Kabupaten Minut dr James Harly Sompotan MKes

Selain itu, tambah dia, ada penambahan status Positif Corona dari satu menjadi dua orang.

“Konfirmasi positif corona pertama warga Wusa Kecamatan Talawaan yang meninggal beberapa waktu lalu, positif kedua adalah wanita warga Kecamatan Talawaan memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta yang diduga ada kontak erat positif dengan temannya waktu mengikuti pelatihan di Jakarta, saat pulang di Manado awalnya dia masih dinyatakan PDP, sekarang hasil lab menunjukkan ada peningkatan sehingga pasien tersebut dinyatakan positif, dia masih dirawat di RSUP Kandou Malalayang,” terang Sompotan.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik, tetap waspada, dan mengikuti cara mencegah penyebaran wabah Covid-19 tersebut.

“Menjaga daya tahan tubuh agar tidak drop, cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir selama 20 detik, hindari tempat keramaian, segera memeriksakan diri jika batuk dan demam berkepanjangan, wajib menggunakan masker bedah untuk tenaga medis dan masker kain untuk umum,” imbau dr James sembari menambahkan untuk hotline Covid-19 Kabupaten Minut dapat menghubungi nomor 081283009045.

(Egen)

 449 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *