Update Covid-19 di Minut : ODP : 2 , PDP Bertambah 2 Jadi 17 Orang

MINUT, sulutexpress.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa Utara (Minut), mengkonfirmasi update data Corona Virus Disease (Covid-19), Kamis (30/4/2020) sampai Pukul 16.00 WITA.

Sesuai data tersebut ada ketambahan 1 Orang Dalam Pemantauan (ODP), sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bertambah dua kasus.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Minut, dr James Harly Sompotan MKes, Kamis (30/4/2020), kepada wartawan Sulutexpress.com.

“ODP bertambah satu kasus asal Kecamatan Likupang Timur (Liktim), sehingga totalnya sekarang menjadi 2 orang, jenis kelamin dan usianya masih sementara kita cari, dia akan isolasi mandiri dan diberikan obat oleh Puskesmas setempat, nanti akan dilihat perkembangannya apakah dia sembuh atau ditingkatkan PDP,” kata dr James Sompotan.

“Untuk PDP ada ketambahan 2 kasus yaitu Laki-laki usia 77 tahun dan perempuan usia 24 tahun, kedua PDP tersebut sama-sama berasal dari Kecamatan Dimembe, sehingga jumlah kumulatif PDP menjadi 17, kedua pasien memiliki komplikasi penyakit penyerta dan tidak ada riwayat perjalanan, mereka berdua sementara dirawat di RSUD Maria Walanda Maramis, Sarongsong II, Airmadidi, Minut, jadi sekarang total PDP di Kecamatan Dimembe menjadi 3 aktif,” sambungnya.

Kadis Kesehatan Kabupaten Minut dr James Harly Sompotan MKes

Ditambahkannya, untuk pelaku perjalanan dari luar daerah dan luar negeri 48 orang, kontak erat resiko rendah tidak ada, kontak erat resiko tinggi dengan pasien positif corona 10 orang,

“ODP 2 orang, PDP 17 orang, Selesai Pemantauan 955 orang, PDP meninggal dunia 5 orang, konfirmasi positif 2 orang, konfirmasi positif meninggal dunia 1 orang, sembuh 1 orang,” ungkap Sompotan.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik, tetap waspada, dan mengikuti cara mencegah penyebaran wabah Covid-19 tersebut.

“Menjaga daya tahan tubuh agar tidak drop, cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir selama 20 detik, hindari tempat keramaian, segera memeriksakan diri jika batuk dan demam berkepanjangan, wajib menggunakan masker bedah untuk tenaga medis dan masker kain untuk umum,” imbau Sompotan sembari menambahkan untuk hotline Covid-19 Kabupaten Minut dapat menghubungi nomor 081283009045.

Berikut update data Covid-19 untuk 10 Kecamatan di Kabupaten Minut :

1 Kecamatan Airmadidi : ODP 0, PDP 2 (2 Meninggal)

2 Kecamatan Dimembe : ODP 0, PDP 3 (3 Aktif)

3 Kecamatan Kalawat : ODP 0, PDP 4 (3 Aktif, 1 Meninggal)

4 Kecamatan Kema : ODP 0, PDP 1 (1 Meninggal)

5 Kecamatan Kauditan : ODP 0, PDP 0

6 Kecamatan Likupang Barat : ODP 0, PDP 2 (2 Aktif)

7 Kecamatan Likupang Selatan : ODP 0, PDP 1 (1 Aktif)

8 Kecamatan Likupang Timur : ODP 1, PDP 1 (1 Aktif)

9 Kecamatan Talawaan : ODP 0, PDP 3, (2 Aktif, 1 Meninggal), Positif 2 (1 Sembuh, 1 Meninggal)

10 Kecamatan Wori : ODP 1, PDP 0.

(Egen)

 485 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *