2 Kasus Baru Positif Corona di Minut Asal Kecamatan Likbar dan Kecamatan Kalawat

MINUT, sulutexpress.com – Pasien positif COVID-19 di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) bertambah dua kasus baru pada Sabtu (16/5/2020), sehingga jumlah kumulatif menjadi 6 orang.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Minut, dr James Harly Sompotan MKes, berdasarkan sumber update data Corona Virus Disease (Covid-19), Dinas Kesehatan Kabupaten Minut, Sabtu (16/5/2020).

“Iya ada ketambahan dua kasus baru pasien positif di Minut hari ini, pertama Laki-laki usia 35 tahun asal Kecamatan Likupang Barat (Likbar), dia sebelumnya Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan dilakukan 2 kali swab test oleh pihak RSUD Maria Walanda Maramis, Airmadidi, Minut, jadi swab pertama negatif dan kedua positif, pasien ini tidak ada riwayat perjalanan tapi diduga ada transmisi lokal, untuk itu kita masih sementara cari tahu, dia sekarang diisolasi di RSUD Walanda,” jelas dr Sompotan.

“Pasien positif kedua adalah Laki-laki usia 5 tahun asal Kecamatan Kalawat, dia ada penyakit penyerta dan sekarang diopname di RS Robert Wolter Monginsidi, Teling, Manado, pasien ini hanya dilakukan satu kali swab test dan hasilnya positif, jadi sebelumnya dia tidak masuk data Dinkes Kabupaten Minut, ternyata setelah dikonfirmasi pasien tersebut berasal dari Minut sehingga sekarang dia sudah masuk dalam data kita,” sambungnya.

Kadis Kesehatan Kabupaten Minut dr James Harly Sompotan MKes

Dilanjutkannya, untuk pelaku perjalanan dari luar daerah dan luar negeri yang masih dipantau 4 orang, Selesai Pemantauan 1002 orang, kontak erat resiko rendah tidak ada, kontak erat resiko tinggi dengan pasien positif corona 10 orang.

“ODP 2 orang, PDP 28 orang, PDP meninggal dunia 8 orang, konfirmasi positif 6 orang dengan rincian adalah konfirmasi positif yang dirawat 4 orang, sembuh 1 orang, meninggal dunia 1 orang,” ungkapnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik, tetap waspada, dan mengikuti cara mencegah penyebaran wabah Covid-19 tersebut.

“Menjaga daya tahan tubuh agar tidak drop, cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir selama 20 detik, hindari tempat keramaian, segera memeriksakan diri jika batuk dan demam berkepanjangan, wajib menggunakan masker bedah untuk tenaga medis dan masker kain untuk umum,” imbau Sompotan sembari menambahkan untuk hotline Covid-19 Kabupaten Minut dapat menghubungi nomor 081283009045.

ini data lengkap tiap Kecamatan di Kabupaten Minut :

  1. Kecamatan Airmadidi : ODP 1, PDP 6 (4 Aktif, 2 Meninggal)
  2. Kecamatan Dimembe : ODP 0, PDP 3 (3 Aktif)
  3. Kecamatan Kalawat : ODP 0, PDP 4 (3 Aktif, 1 Meninggal), Positif 1 (1 Dirawat)
  4. Kecamatan Kema : ODP 0, PDP 2 (1 Aktif, 1 Meninggal), Positif 1 (1 Dirawat)
  5. Kecamatan Kauditan : ODP 0, PDP 2 (1 Aktif, 1 Meninggal)
  6. Kecamatan Likupang Barat : ODP 0, PDP 4 (4 Aktif), Positif 1 (1 Dirawat)
  7. Kecamatan Likupang Selatan : ODP 0, PDP 2 (1 Aktif, 1 Meninggal)
  8. Kecamatan Likupang Timur : ODP 1, PDP 2 (2 Aktif)
  9. Kecamatan Talawaan : ODP 0, PDP 3, (1 Aktif, 2 Meninggal), Positif 3 (1 Dirawat, 1 Sembuh, 1 Meninggal)
  10. Kecamatan Wori : ODP 0, PDP 0.

(Egen)

 5,242 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *