Disnaker Minut : Banyak Perusahaan Keluhkan Pengurangan TKA

MINUT, sulutexpress.com – Pandemi Corona membuat banyak Perusahaan di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) mengeluh soal pengurangan Tenaga Kerja Asing (TKA).

Hal ini diakui Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Minut, Sadrak Tairas, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja, Theodorus Sepang.

“Waktu lalu kita turun lapangan, kebanyakan Perusahaan ini mengeluh soal pengurangan-pengurangan Tenaga Kerja Asing (TKA), seperti contoh yang terjadi di Manado Independent School (MIS) dimana ada sekira 18 TKA guru yang sudah dipulangkan atau dikembalikan, selain habis masa kontrak kerja juga sudah tidak diperpanjang, biasanya mereka itu masih bisa diperpanjang tapi karena situasi pandemi Covid-19 maka tidak diperpanjang lagi, sesuai informasi kebanyakan TKA tersebut berasal dari Filipina,” kata Kabid Theodorus Sepang, kepada wartawan, Rabu (15/7/2020), di kantornya.

“Karena situasi pandemi Covid-19, kita belum terlalu untuk turun lapangan sehingga kita meminta data melalui Whats App (WA), jadi untuk sistem pengurusan ada sebagian yang datang ke kantor Disnaker Minut dan ada juga yang komunikasi via WA,” sambungnya.

Kabid Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja Theodorus Sepang

Terkait Lembaga Pelatihan Kerja (LPK), lanjut dia, sementara pengurusan izin menyesuaikan dengan aturan yang baru, kemudian sudah didata oleh Kepala Seksi dan sudah ada beberapa yang mengurus izin.

“Ada juga yang baru disosialisasikan sehingga mungkin ada pembentukan, intinya kalau ada pembentukan kita akan turun lapangan,” kuncinya.

(Egen)

 15,335 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *