Pjs Apresiasi Arnold Mononutu Jadi Pahlawan Nasional

SULUT, sulutexpress.com-Selasa (10/11/2020), Dalam rangka Hari Pahlawan 10 November 2020, Pjs Gubernur Sulawesi Utara Agus Fatoni dengan menerapkan protokol kesehatan memimpin upacara ziarah di Taman Makam Pahlawan Kairagi Manado.

Kegiatan tersebut diawali dengan mengheningkan cipta kepada arwah para pahlawan kemudian diikuti dengan peletakan karangan bunga setelah itu dilakukan tabur bunga di pusara para pahlawan.

Dalam kesempatan tersebut, Pjs Fatoni pun mengajak kepada semua lapisan masyarakat Sulut untuk menghayati jasa para pahlawan yang telah berjuang dan berkorban untuk kemerdekaan bangsa ini.

“Dalam setiap tahun kita memperingati Hari Pahlawan ini maka setiap tahun pula kita bisa mengambil hikmah dan mengambil semangat,” ujarnya.

Lanjut Pjs Fatoni, “Untuk generasi saat ini kita perlu meniru semangat para pahlawan yaitu semangat berjuang,” ucapnya.

Menariknya, pada peringatan hari pahlawan tahun ini, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyematkan gelar pahlawan nasional kepada Arnoldus Isaac Zacharias Mononutu menjadi pahlawan nasional ke-10 asal Sulut.

Diketahui, Arnoldus Mononutu (lahir di Manado, Sulawesi Utara, 4 Desember 1896 – meninggal di Jakarta, 5 September 1983 pada umur 86 tahun) adalah mantan Menteri Penerangan dan Duta Besar Indonesia pertama untuk Tiongkok. Selain itu ia pernah menjadi anggota Majelis Konstituante dan Rektor Universitas Hasanuddin.

Untuk itu, Pjs Fatoni menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi

“Ini merupakan suatu kebanggaan dan menjadi semangat bagi masyarakat Sulut untuk terus berjuang dalam mengisi kemerdekaan di Republik Indonesia,” katanya.

Turut hadir dalam upacara tersebut jajaran Forkopimda Sulut, Sekdaprov Sulut Edwin Silangen serta jajaran pejabat di lingkup pemprov Sulut.

(Rosok)

 284 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *