DPMD Boltim Sebut DD 2021 Fokus Terdampak Covid-19

Dana Desa (DD)  Tahun 2021 masih memprioritaskan pada penyaluran  Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk masyarakat yang terdampak Covid-19. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DMPD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Rusli Dajo kepada wartawan baru-baru ini.

Dia mengatakan, penggunaan Dana Desa (DD) tahun ini, sangat jelas diatur dalam Peraturan Menteri Desa (Permendes) PDTT  Nomor 13 tahun 2020 yakni tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021. Salah satu prioritas adalah pemulihan ekonomi masyarakat dari dampak Covid-19.

“Karena itu,  pemanfaatan DD harus tepat sasaran sesuai dengan prioritas.  Jadi semua desa harus merencanakan program dengan matang sebelum diputuskan dalam Musyawarah Desa (Musdes), ” tandasnya.

Ruly menambahkan, Pemerintah Desa juga harus lebih proaktif, turun lapangan untuk melihat langsung sekaligus mendata apa yang akan menjadi kebutuhan dan prioritas di desa mereka.

“Sekali lagi sebelum Musdes,  perlu pendataan sesuai dengan potensi sumber daya alam yg ada di Desa. Lebih utama lagi, program DD disetiap desa harus searah dengan Permendes Nomor 13 tahun 2020,” pungkasnya.
(Roger Pelealu)

 617 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *