Hebat! Wagub Kandouw Terpilih Jadi Ketum KONI Sulut 2020-2024

SULUT, sulutexpress.com-Dalam kegiatan Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) yang digelar di Manado, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw terpilih menjadi Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulut periode 2020-2024 , Sabtu (27/03/2021).

Terpilihnya Kandouw pada Musorprov KONI Sulut ini karena 37 Cabang Olahraga (Cabor) dan seluruh KONI Kabupaten dan Kota se-Sulut hanya mengusulkan calon tunggal atas nama Steven O.E. Kandouw kepada Tim Penjaringan Pemilihan Ketua Umum KONI Sulut. Dengan hanya satu calon, maka secara otomatis, Kandouw terpilih memimpin induk olahraga ini.

Adapun Ketua Umum KONI Sulut periode 2016-2020 yaitu Gubernur Olly Dondokambey tidak ikut sebagai kandidat.

Hasil keputusan Musorprov KONI Sulut ini disampaikan pimpinan sidang Harley Mangindaan di hadapan para peserta Musorprov.

Dalam sambutan usai terpilih, Kandouw menyampaikan terimakasih atas dukungan dan kepercayaan para peserta Musorprov KONI Sulut 2021.

Kandouw pun menyampaikan Visi dan Misi-nya untuk membawa dan menjadikan KONI Sulut, selain untuk meraih prestasi, akan tetapi sebagai alat pemersatu masyarakat olahraga di daerah ini.

“Bagi saya, olahraga selain memberi banyak inspirasi, prestasi tetapi juga terutama membawa persatuan bagi bangsa dan negara Indonesia, khususnya persatuan kita di Sulut,” ungkap Kandouw.

Ia menambahkan bahwa banyak orang seringkali terjebak dalam retorika, dialektika yang diakibatkan berbagai perbedaan.

“Yang bisa satukan kita adalah olahraga. Jadi KONI Sulut selain dorong meraih prestasi, mari kita utamakan persatuan,” ujar Ketua KONI Sulut terpilih ini.

Untuk itu, ia berharap insan olahraga harus menghilangkan batas-batas yang berlatar agama, suku apalagi politik.

“Dalam olahraga, kita benar-benar murni berprestasi dan bersatu untuk Sulut,” tandasnya.

Kandouw pun menegaskan beberapa poin penting untuk kemajuan KONI Sulut diantaranya;

Pertama, penyiapan bibit atlet yang mumpuni, terlatih dan bisa berprestasi di ajang nasional pun internasional.

“Kita sepakat untuk jangan lagi membeli atlit dari luar Sulut. Kita punya segudang atlet yang berjaya di Cabor apapun,” kata Kandouw.

Kedua, Pembenahan infrastruktur olahraga di beberapa tempat diantaranya Manado, Minut, Bitung, Minahasa.

Ketiga, Kesiapan SDM yang memiliki mindset yang bisa merangkul baik pengurus maupun atlet di semua Cabor.

Keempat, Anggaran untuk kegiatan olahraga dikelola KONI Sulut, dan tidak hanya terbatas pada instansi Dispora diantaranya anggaran untuk menuju PON Papua 2021.

Kelima, Iven setiap Cabor juga didorong selain untuk mempersiapkan para atlet untuk suatu iven yang lebih besar, akan tetapi juga untuk iven-iven daerah.

Keenam, Integritas yang harus dimiliki setiap pengurus Cabor olahraga untuk memenej anggaran yang dialokasikan, dan sikap terbuka terhadap pengelolaan anggaran.

“Soal anggaran ini, harus terbuka dan bisa diakses,” lanjutnya.

Sebelummya, di tempat yang sama, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutannya mengharapkan peran serta dari seluruh pengurus KONI Sulut untuk memiliki semangat yang sama dalam memajukan olaragah di Sulut.

“Lebih baik kita mendorong semangat atlet-atlet dari Sulut untuk mulai bekiprah di tingkat nasional,” ucapnya.

Olly juga mengajak kepada pengurus dan para atlet untuk bisa menyesuaikan diri dengan situasi pandemi Covid-19 saat ini yang menyebabkan beberapa kegiatan nasional yang biasanya dilakasanakan setiap tahun agendanya harus terhenti.

“Saya percaya apa yang kita hadapi kedepan, mari kita sama-sama beradaptasi dengan kondisi yang ada,” ajaknya.

Lebih jauh, Olly menjelaskan bahwa KONI Sulut dalam beberapa tahun yang berjalan selalu mendapat nilai positif terutama dalam penilaian dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Hampir selama sepuluh tahun KONI Sulut penilaian dari BPK tidak ada penyimpangan dalam bantuan dari pemerintah,” tutupnya.

Disamping ia menegaskan bahwa Pemprov Sulut mempunyai komitmen dalam rangka terus mendorong kegiatan-kegiatan Koni kedepannya agar berjalan dengan baik.

Berkaitan dengan hal tersebut Olly meminta agar sinergitas dan kerjasama dengan Kabupaten/Kota harus dibangun dan terpelihara.

“Saya kira saya sangat mengharapkan pengurus koni kedepan bisa bekerjasama dengan seluruh kabupaten/kota yang ada,” kuncinya. (Ver)

 466 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *