NSCW dan MJKS Soroti Proyek BPJN di Esang Rainis

Manado, sulutexpress.com, Jumat (3/2/2023)-Dua LSM Anti Korupsi di Sulawesi Utara, yang sudah malang melintang membongkar kasus-kasus besar di Bumi Nyiur Melambai, mulai mengarahkan perhatian mereka ke proyek-proyek Balan Jalan Nasional Sulut.

Hal ini tak lepas dari temuan dua punggawa, yang selalu vokal jika berkaitan dengan penggunaan keuangan negara.

Eveert Pongawa selaku penasehat NSCW, mengaku memiliki data terkait pekerjaan preservasi jalan Esang-Rainis, di Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara.

Menurut Pongawa, proyek berbandrol Rp 204.954.367.000 miliar ini, diduga dari proses tendernya sudah bermasalah.

“Sedikit aneh perusahaan pemenang tender yakni PT. Marga Dwitaguna berada di rangking 11,” ungkapnya.

Selain itu Pongawa membeber, perusahaan pemenang tender ini belum berpengalaman dalam mengerjakan pekerjaan besar.

“Perusahaan ini belum memiliki Kemampuan Dasar (KD), dengan nilai sama dengan Nilai Pengalaman Tertinggi (NPT).’ Ujarnya.

Senada dengan Pongawa, ketua LSM Anti Korupsi MJKS, Stenly Towoliu, juga menyoroti hal yang sama.

Menurut Pria yang sudah berhasil membongkar kasus pemecah ombak, di desa Likupang Minahasa utara, yang akhirnya menjebloskan mantan Bupati Vonny Anneke Panambunan ke balik jeruji besi, mengatakan jika perusahaan dengan rangking 11, memenangi tender tentu hal ini sangat mencurigakan.

“Kami menduga ada permainan dibalik menangnya PT.Marga Dwitaguna,” kata pria yang juga berhasil memjebloskan mantan Bupati Bolmong, Marlina Moha Siahaan ke hotel prodeo.

Lebih jauh keduanya mengatakan akan melaporkan temuan ini ke lembaga judikatif.

“Saat ini rekan saya ketua LSM MJKS, Stenly towoliu sedang berada di Jakarta, dan kami berdua sudah bersepakat akan melapirkan temuan ini, ke lembaga anti rasuah di Rasuna Said.’ Tegas Pongawa.

Pun, Stenly Towoliu yang di hubungi via pesan singkat, mengaku mereka berdua mengambil keputusan akan melaporkan temuan ini ke KPK.

“Bukan kami tidak percaya kinerja dua Korp baju coklat di Sulut, tapi sudah menjadi rahasia umum, jika bersangkutan dengan kasus BPJN, pasti bakalan mandek” tutup nya. (can’s)

 1,334 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *