Usai Di Lantik Ketua Kadin Sulut, Rio Dondokambey Siap Genjot Program Usaha Lokal

SULUT, sulutexpress.com – Sektor usaha memang ikut terdampak pandemi Covid-19. Akan tetapi usaha-usaha mikro masih tetap bertahan. Untuk itu, lembaga-lembaga baik pemerintah maupun swasta terus menopang agar usaha mikro inipun tetap bertahan di tengah krisis ekonomi global maupun nasional.

Malahan upaya-upaya promosi terhadap produk lokal terus digenjot dan dipacu, termasuk di dalamnya suntikan dana sebagai stimulasi, agar sektor usaha mikro di daerah tetap berproduksi dan mendapatkan pasar yang tetap.

Rio Dondokambey yang baru saja dilantik oleh Ketua Umum KADIN Indonesia, Rosan Roestani Perkasa, mengatakan bahwa KADIN Sulut akan ikut membantu promosi atas usaha atau pun produk lokal para pelaku usaha di daerah.

Untuk itu, dia berharap adanya sinergitas dan

Ia pun berharap, meski di tengah pandemi Covid-19, usaha-usaha dari pelaku usaha di daerah tetap berjalan lancar.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE juga berharap KADIN Sulut

Dengan memanfaatkan peluang yang, secara otomatis ikut membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

“Memang pasti ada kendala-kendala yang kita hadapi. Akan tetapi, kalau kita memiliki komitmen yang kuat, maka semua kendala akan bisa diatasi dan diselesaikan,” ujar Gubernur Olly.

Sementara Ketua Umum KADIN Indonesia, Rosan Roestani Perkasa berharap, KADIN Sulut terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah agar dunia usaha dapat berkembang dan maju serta berdampak pada masyarakat di daerah.

“Teruslah jalin komunikasi, berdiskusi untuk menghasilkan terobosan-terobosan dan pemikiran-pemikiran bersama, karena KADIN adalah mitra pemerintah dalam meningkatkan ekonomi melalui usaha di daerah,” ajak Rosan

boleh bersama pemerintah daerah memberikan ruang seluas-luasnya bagi para pelaku usaha di daerah untuk memajukan ekonomi Sulut.

“Pemerintah pusat telah menempatkan dana sebesar Rp 1 Triliun di Bank SulutGo dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di daerah. Hal ini kita dorong agar para pelaku usaha di daerah, khususnya UKM memperoleh dana untuk meningkatkan produksi mereka,” kata Gubernur Olly.

Selain itu, Gubernur Olly mendorong pengusaha lokal untuk memanfaatkan peluang dengan dibukanya KEK Pariwisata Likupang, KEK Industri Bitung dan Kawasan Industri Bolmong (KIMONG).

koordinasi yang terus berjalan antara pengurus KADIN Provinsi dengan pengurus KADIN di Kabupaten/Kota di Sulut.

Selain itu, sinergitas juga akan terus dilakukan dengan pemerintah daerah sebagai mitra KADIN, sehingga baik pemerintah maupun KADIN dapat melakukan terobosan dan lompatan-lompatan untuk peningkatan kualitas usaha mikro agar bisa memenuhi permintaan pasar baik regional, domestik maupun internasional.

“Tentunya, upaya-upaya ini dibarengi dengan kualitas produk lokal, sehingga dibutuhkan pelatihan-pelatihan dan ketrampilan dari pelaku usaha,” kata Rio.

Demikian disampaikan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sulawesi Utara, Rio Dondokambey di sela-sela Pengukuhan dan Pelantikan Dewan Penasehat, Dewan Pertimbangan dan Dewan Pengurus KADIN Provinsi Sulawesi Utara Masa Bakti 2020-2025 di Peninsula Hotel Manado, Kamis (10/12/2020) sore.

 311 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *