Manangka : Pertanyakan Gugatan Dari Hasil Pilhut Desa Lemoh

foto sketsa Pilkades

Minahasa – SulutExpress.com, Belum dilaksanakanya Pelantikan di Desa Lemoh karna masih ada polemik yang melanda hasil Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) lalu.

Kumtua terpilih Ildius Walewangko di laporkan sejumlah masyarakat Lemoh karna di duga melakukan kecurangan Politik Uang.

Pilhut Serentak di 49 desa se kabupaten Minahasa yang di selenggarakan pada 25 April 2015 lalu hingga Kamis (15/6) tinggal satu desa yang belum melaksanakan pelantikan Hukum Tua (Kumtua), yaitu desa Lemoh Kecamatan Tombariri Timur.

Meike Manangka dan sejumlah anggota Badan Pemusyawaratan Daerah (BPD) serta saksi lainnya Kamis (15/6/17) mendatangi kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa bertemu langsung dengan Asisten I Denny Mangala

Menurut Meike dan rombongan , ” Kami datang menanyakan kepada Pak Asisten I soal hasil laporan dan keberatan kami soal Pilhut yang belum di proses, dan kami juga meminta selesaikan dulu proses gugatan yang belum ada hasil penyelesaian soal pilhut di desa Lemoh,” sembari mengatakan “Apalagi brita acara belum di tanda tangani oleh ke empat calon kumtua,” kata mereka.

Di tambahkannya lagi, “Kami juga mempertanyakan soal laporan tersebut apakah pihak Pemkab sudah melaporkan ke penyidik Polres Tomohon karna menurut informasi belum ada laporan terkait pilhut yang bermasalah ke pihak kepolisian Tomohon.”

“Dari hasil pertemuan kami dengan Asisten I Denny Mangala kesannya seperti ada indikasi menutupi bahkan membela kumtua terpilih. Uang yang dibagikan bukan dari Kumtua yang terpilih,” kata Meike menirukan ucapan Denny, “Padahal sudah jelas uang itu berasal dari orangnya Kumtua terpilih,” tutupnya.

Laporan tersebut diatas di akui oleh Asisten I Pemkab Minahasa Denny Mangala beberapa waktu lalu.

” Memang ada dua Desa yang sementara ini masih di proses hasil Pilhut yang lalu, lantaran ada laporan dari masyarakat soal adanya dugaan politik uang.” ujar Mangala.

Seperti yang di ketahui pada hasil akhir perhitungan suara di Desa Lemoh, Ilidius Walewangko NO Urut (4) memperoleh 220 suara dan Meike Manangka No Urut 2 meperoleh 219 suara dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) 600 pemilih, hasil tersebut hanya selisih satu suara. (Achel)

 1,214 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *