2020, Dinas PUPR Minut Dukung Program Kementerian Dan Ikuti Arahan Bupati VAP, Ini Buktinya…

MINUT, sulutexpress.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut), melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), mendukung penuh Program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Hal ini sesuai dengan petunjuk dan arahan dari Bupati Kabupaten Minut, DR (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh (VAP), agar supaya infrastruktur Daerah itu lebih diperhatikan dan difokuskan.

Mewujudkan itu, Dinas PUPR Kabupaten Minut berusaha menjawab apa yang menjadi kebutuhan masyarakat baik dalam pembangunan Infrastruktur Daerah dan pembangunan Infrastruktur Perdesaan melalui Program Prioritasnya di Tahun 2020 ini.

Menurut Kepala Dinas (Kadis) PUPR Kabupaten Minut, Bobby Najoan, beberapa hari lalu pihaknya telah menghadiri acara Pembukaan Konsultasi Regional (Konreg) Kementerian PUPR Tahun 2020 Wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Bali digelar di Manado, yang juga dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Indonesia, Basuki Hadimuljono.

“Dalam Konreg tersebut, ada beberapa penekanan yang disampaikan Pak Menteri Basuki termasuk didalamnya Pelayanan Dasar. Dalam mendukung Program tersebut ada beberapa kegiatan yang masuk ke Minut untuk Tahun 2020 ini seperti Program Pengembangan Kinerja Pengolahan Air Minum dan Air Limbah, juga Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan. Selanjutnya, untuk Pelayanan Dasar ada Pembangunan Penangkap Mata Air, Pengembangan Jaringan Perpipaan, dan Peningkatan SPAM,” papar Kadis Bobby Najoan, Rabu (4/3/2020), kepada Wartawan di ruang kerjanya seraya menambahkan ini semua program pendukung khususnya di ruang lingkup Kabupaten Minut.

Sementara itu, lanjut dia, khusus untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang, yang mendukung Pelayanan Dasar antara lain ada kegiatan untuk Pagu Anggaran di beberapa lokasi dalam mendukung KEK Pariwisata yaitu :

  1. Pembangunan IPAL skala permukiman yang berada di Desa Tanah Putih Kecamatan Likupang Barat.
  2. Pembangunan IPAL skala permukiman di Desa Maen Kecamatan Likupang Timur.
  3. Pengembangan jaringan perpipaan SPAM Tiwoho untuk Desa Tiwoho Kecamatan Wori.
  4. Pengembangan jaringan perpipaan SPAM Paputungan untuk Desa Paputungan Kecamatan Likupang Barat.
  5. Pengembangan jaringan perpipaan SPAM Batu untuk Desa Batu Kecamatan Likupang Selatan.

Diterangkannya, Kelima program tersebut untuk mendukung KEK Pariwisata Likupang yang sumber dananya dari Dana Alokasi Khusus (DAK), dan ada juga untuk program pembangunan infrastruktur Perdesaan ada dari Dana Alokasi Umum (DAU) seperti Pembangunan Jalan, Paving Stone, ada banyak juga Rabat Beton, serta Pembangunan Sarana Air Bersih Perdesaan.

“Nah, khusus untuk Pembangunan Sarana Air Bersih Perdesaan ini ada di Wangurer, Saroinsong II, Airmadidi Atas, dan Airmadidi Bawah. Sedangkan untuk Pembangunan Jalan Rabat Beton itu ada di Desa Wangurer. Selanjutnya untuk Pembangunan Jalan Lingkungan Paving Stone ada di kampung Ambong, Desa Termal, Tanah Putih, Desa Rinondoran, Desa Wineru, Desa Likupang Satu, dan beberapa Desa lainnya,” jelas Mantan Kadis Dinsos PMD Kabupaten Minut ini.

Terkait data tersebut, jelas dia, diantaranya sudah dalam tahapan penyusunan gambar dan juga ada beberapa Desa yang kontraknya sudah ditandatanganinya untuk tahapan segera dilaksanakan atau dimulai, namun ada juga kegiatan yang masih masuk ke ULP untuk diajukan tender.

“Untuk program Pembangunan Jalan di Kabupaten Minut ada Pembangunan Ruas Jalan Lembean-Marawas sekitar 3,1 Km di Desa Lembean Kecamatan Kauditan, kemudian Pembangunan Jalan Strategis Desa Buhias-Tangkasi Kecamatan Wori sekira 1,7 Meter, Pembangunan Jalan Lingkar Timur Suwaan-Kolongan,
ada juga beberapa Pengerasan Jalan Desa termasuk Kalinaun, Matungkas, Kelurahan Sukur, Desa Suwaan. Kemudian juga ada Pembangunan Jalan Lapen seperti di Desa Tetey, Desa Suwaan, Desa Paslaten Kecamatan Likupang Selatan, Desa Wori, dan Desa Kimabajo. Ada juga Peningkatan Jalan Ruas Dalam Kota Airmadidi, Rehab Jalan Desa Likupang Satu, dan Peningkatan Jalan Ruas SPT Kema- Manembo-nembo,” beber Najoan sembari mengungkapkan selain itu ada pembebasan lahan KEK Pariwisata Talawaan, Dimembe yang alokasi dananya dari Pemkab Minut.

Diungkapkannya, inilah yang merupakan Program Prioritas PUPR Kabupaten Minut Tahun 2020 dimana untuk nominal anggaran tersebut semuanya itu sudah tertata di APBD.

“Kita juga mengikuti petunjuk dan arahan Ibu Bupati Kabupaten Minut, DR (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh (VAP), agar supaya infrastruktur Daerah itu lebih diperhatikan dan difokuskan. Jadi sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, makanya ini yang digaris bawahi oleh ibu Bupati kepada kita untuk melihat mana yang menjadi kebutuhan masyarakat, seperti Infrastruktur daerah dan secara khusus Infrastruktur Perdesaan, dua hal ini menjadi fokus Dinas PUPR Minut. Sehingga ada anggaran untuk itu dan bisa dikolaborasikan dengan Dana Desa (Dandes), artinya ada juga Anggaran dari DAU, DAK, Kabupaten, Dandes sehingga bisa sinergitas dan dikolaborasikan,” imbuhnya juga menambahkan Dinas PUPR Kabupaten Minut mengikuti arahan Menteri Basuki Hadimuljono, dimana dalam mendukung Program Prioritas ini pihaknya sudah sedang dan sementara dilaksanakan. (Egen)

 945 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *