Singkronisasi Pembangunan Daerah dan Pusat, Wawali Mor Hadiri Rapat Konsultasi Penyusunan RPJMN 2020-2024

Manado, sulutexpress.com–Mewakili Walikota Manado DR Ir. GS Vicky Limentut SH MS.i DEA, Wakil Walikota (Wawali) Mor D Bastian SE, menghadiri rapat konsultasi regional penyusunan rancangan pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024.


Dimana, kegiatan ini diharapkan agar pemerintah provinsi dan pemerintah kota/kabupaten khususnya di Sulawesi membuat perencanaan pembangunan untuk menunjang peningkatan investasi yang sesuai dengan RPJMN 2020-2024.

Disampaikan Plt. Sekertaris Kementerian PPN/Sekertaris Utama BAPPENAS, Gellwynn Jusuf, bahwa pemerintah daerah dapat menyusun rencana itu sesuai dengan potensi dan kontribusinya saat ini terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Wawali Mor hadiri rapat konsultasi penyusunan RPJMN 2020-2024

“Dari berbagai sektor dan aspek, yang penting sekarang investasi bagaimana, itu yang selalu dikejar oleh presiden, itu peningkatan pertumbuhan dengan meningkatkan investasi, sementara ini hambatan kan masih di infrastruktur, sumberdaya manusia, kemudian APBN, dan reformasi birokrasi,” ujar Jusuf dalam sambutanya saat konsultasi regional penyusunan rancangan awal RPJMN 2020-2024 wilayah Sulawesi, bertempat di Sintesa Peninsula, Kota Manado, Selasa (06/08/2019).

Masih kata Jusuf, sulawesi memiliki potensi besar dari ketersediaan sumber daya alam, khususnya pertanian, perkebunan, dan pertambangan. Melalui perencanaan pembangunan yang tepat untuk mendukung tumbuhnya industeri pengelolaan, pemerintah daerah diharapkan dapat memaksimalkan potensi tersebut

“Pembangunan dalam lima tahun kedepan akan fokus pada 5 perioritas nasional, yaitu pembangnan infrastruktur, pembanguan SDM, mendorong investasi, reformasi birokrasi, dan penggunaan APBN,” jelasnya.

Sementara itu, Wawali Mor memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan yang digelar oleh Bappenas itu. Menurut dia, dari hasil konsultasi perencanaan pembangunan tersebut, kita dapat menyesuaikan dan menjadi petunjuk bagi pemerintah Kota Manado dalam perencanaan pembangunan kedepan.

“Dengan melihat perioriatas pembangunan nasional dan provinsi agar tetap bersinergi sehingga menghasilkan pembangunan yang terkoneksi mulai dari pusat, provinsi dan kota yang tujuanya untuk kesejahteraan masyarakat,”

Hadir juga dalam pertemuan tersebut, para gubernur dan wakil gubernur se- Sa!ulawesi, para pejabat madya dan pratama serta pejabat Kementerian PPN Bappenas. (Ver)

 1,689 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *