Update Covid-19 di Minut Jumat 24 April : PDP Naik Jadi 11 Orang

MINUT, sulutexpress.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) mengkonfirmasi update Corona Virus Disease (Covid-19), Jumat (24/4/2020) sampai Pukul 16.00 WITA.

Dari data tersebut jumlah kumulatif Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Minut dari sebelumnya 10 naik menjadi 11 orang.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Minut, dr James Harly Sompotan MKes, Jumat (24/4/2020) kepada Wartawan Sulutexpress.com.

“Iya PDP bertambah menjadi 11 orang, pasien laki-laki berusia sekira 60an Tahun asal Kecamatan Kema, Minut, dia ditetapkan PDP oleh pihak RS Walanda Maramis, Sarongsong, Airmadidi, karena dianggap sudah serius maka pasien tersebut dirujuk ke RSUP Prof Kandou Malalayang, Manado, mungkin dia ada masalah kesehatan dan tidak ada riwayat perjalanan,” terang dr James Sompotan.

“Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa di saat pandemi Covid-19 sekarang, lalu ada pasien mengalami batuk atau sakit lain atau gangguan paru-paru itu tetap difoto, setelah tes laboratorium maka dia dianggap PDP, tapi kita tinggal tunggu pemeriksaan selanjutnya apakah dia positif atau tidak atau bisa saja sembuh, jadi PDP ini posisinya diantara dan gejalanya mirip Covid-19 sehingga pasien tersebut diperhatikan serius,” tambahnya.

Diungkapkannya, pelaku perjalanan dari luar daerah dan luar negeri 132 orang, kontak erat resiko rendah tidak ada, kontak erat resiko tinggi dengan pasien positif corona 17 orang,

“Orang Dalam Pemantauan (ODP) 1 orang, PDP 11 orang, Selesai Pemantauan 842 orang, PDP meninggal dunia 5 orang, Konfirmasi Positif 2 orang, konfirmasi positif meninggal dunia 1 orang, sembuh tidak ada,” ungkap dr James Sompotan.

Kadis Kesehatan Kabupaten Minut dr James Harly Sompotan MKes

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik, tetap waspada, dan mengikuti cara mencegah penyebaran wabah Covid-19 tersebut.

“Menjaga daya tahan tubuh agar tidak drop, cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir selama 20 detik, hindari tempat keramaian, segera memeriksakan diri jika batuk dan demam berkepanjangan, wajib menggunakan masker bedah untuk tenaga medis dan masker kain untuk umum,” imbau dr James sembari menambahkan untuk hotline Covid-19 Kabupaten Minut dapat menghubungi nomor 081283009045.

(Egen)

 471 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *