Update Corona Minggu 26 April di Minut : ODP : 2, PDP : 14, PDP Meninggal Jadi 6

MINUT, sulutexpress.com – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) mengkonfirmasi update data Corona Virus Disease (Covid-19), Minggu (26/4/2020) sampai Pukul 16.00 WITA.

Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Minut, dr James Harly Sompotan MKes, Minggu (26/4/2020) kepada Wartawan Sulutexpress.com.

“Dari data tersebut ada ketambahan 1 Orang Dalam Pemantauan (ODP), 3 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), 1 PDP meninggal dunia, dan 1 PDP sudah dipindahkan ke Manado. Jadi ada ketambahan satu PDP yang meninggal dunia sehingga sekarang total jadi 6 orang, dia adalah PDP ke 11 jenis kelamin laki-laki usia 60an Tahun asal Kema III Kecamatan Kema, dia meninggal sekira Pukul 02.35 WITA, Minggu (26/4/2020), di RS Maria Walanda Maramis, dia sudah dimakamkan sesuai Prosedur Tetap (Protap) Covid-19 sekira Pukul 04.00 WITA dini hari di pekuburan umum Kema III,” terang Sompotan.

Kadis Kesehatan Kabupaten Minut dr James Harly Sompotan MKes

Diugkapkannya, dari data ini juga ada ketambahan tiga PDP, sehingga jumlah kumulatif dari 12 menjadi 15 PDP, namun ada 1 PDP jenis kelamin perempuan sudah dikeluarkan dari data Dinkes Minut, pasien wanita itu memiliki KTP Manado dan sudah dipindahkan ke Manado, jadi berkurang satu PDP, total sekarang 14 PDP di Minut.

“Tiga PDP ini masing-masing adalah Laki-laki asal Kecamatan Talawaan usia 31 Tahun, Laki-laki asal Kecamatan Likupang Selatan (Liksel) usia 47 Tahun, dan perempuan usia 20 Tahun asal Kecamatan Likupang Barat (Likbar), dua PDP dirawat di RSUP Prof Kandou Manado merupakan rujukan dari RS Maria Walanda Maramis, dan satu PDP dirawat di RS Bhayangkara Manado, mereka tidak memiliki riwayat perjalanan namun ada penyakit penyerta sehingga mereka ditetapkan PDP oleh kedua Rumah Sakit tersebut,” terang Sompotan.

“Selain itu untuk PDP ke-8 seorang perempuan sekira usia 20-an Tahun asal Kecamatan Kalawat yang dirawat di RS Siloam, dia sudah dikeluarkan dari Data Dinkes Minut karena ternyata KTPnya Manado, dia sudah dipindahkan dan sekarang masuk data Pemkot Manado, jadi berkurang satu PDP di Minut sehingga totalnya sekarang 14 PDP,” sambungnya.

Sompotan menambahkan, pelaku perjalanan dari luar daerah dan luar negeri 87 orang, kontak erat resiko rendah tidak ada, kontak erat resiko tinggi dengan pasien positif corona 12 orang.

“ODP 2 orang, PDP 14 orang, Selesai Pemantauan 896 orang, PDP meninggal dunia 6 orang, konfirmasi positif 2 orang, konfirmasi positif meninggal dunia 1 orang, sembuh tidak ada,” lanjut Sompotan.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tidak panik, tetap waspada, dan mengikuti cara mencegah penyebaran wabah Covid-19 tersebut.

“Menjaga daya tahan tubuh agar tidak drop, cuci tangan pakai sabun di air yang mengalir selama 20 detik, hindari tempat keramaian, segera memeriksakan diri jika batuk dan demam berkepanjangan, wajib menggunakan masker bedah untuk tenaga medis dan masker kain untuk umum,” imbau dr James sembari menambahkan untuk hotline Covid-19 Kabupaten Minut dapat menghubungi nomor 081283009045.

(Egen)

 570 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *